Viral Pesawat Prabowo Dihalangi Jet Tempur Hingga Gagal Terbang, Ini Penjelasan TNI AU
tni-au.mil.id
Nasional

Kabar pesawat Capres Prabowo dihalangi jet tempur itu awalnya diungkapkan oleh mantan Kasum TNI, Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo, di Twitter.

WowKeren - Baru-baru ini, beredar informasi yang mengabarkan pesawat Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, sempat diganggu jet tempur milik TNI AU. Berdasarkan informasi yang beredar, pesawat Prabowo sampai menunda penerbangannya.

Informasi tersebut awalnya diungkapkan oleh mantan Kasum TNI, Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo, lewat akun Twitter @marierteman. Informasi yang dicuitkan JS Prabowo pada Rabu (3/4) tersebut pun viral dan mendapat 7 ribu likes dan 3,7 ribu retweet.

"Info, Saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur," tulis JS Prabowo. "Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara. Tgl 2/4 selesai kampanye di Sumbar tdk dikawal Polri. Itu aja."

Menanggapi hal tersebut, TNI AU pun buka suara. Kadispen AU Marsma TNI, Samyoga, membantah informasi JS Prabowo dan menyebutnya tidak tepat.

"Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo kurang tepat," jelas Samyoga dilansir detikcom pada Kamis (4/4). "Karena yang beliau sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda, dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan sukhoi."

Tak hanya itu, Samyoga pun membeberkan keterangan lengkap mengenai penerbangan di bandara Halim Perdana Kusuma pada Senin (1/4). Berdasarkan keterangan tersebut, pesawat 9HNCY yang ditumpangi Prabowo gagal take off karena masalah teknis yang menyangkut dengan keamanan.

Sementara pada Selasa (2/4), 2 jet tempur Sukhoi mendarat sebelum pesawat 9HNCY menyalakan mesinnya. Saat bersiap untuk take off, pesawat 9HNYC menunggu terlebih dahulu lantaran ada pesawat Wings Air yang akan mendarat. Sehingga penundaan penerbangan tersebut tidak ada hubungannya dengan jet tempur Sukhoi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru