GrabCar Bakal Dipasangi CCTV, Baik Pengemudi Maupun Penumpang Tak Akan Bisa Aneh-Aneh
Nasional

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menyebut bahwa kamera pengawas akan menjadi fitur keamanan baru. Saat ini, sudah ada sekitar 2 ribu unit GrabCar yang dipasangi CCTV.

WowKeren - Sarana transportasi online kini kian menjamur di Indonesia. Semakin banyaknya pengguna moda transportasi ini, maka pihak perusahaan juga berusaha untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Aplikasi Grab misalnya, baru saja memperkenalkan sejumlah fitur kemanan baru. Fitur keamanan baru tersebut mulai dari selfie atau swafoto untuk penumpang, hingga penyamaran nomor telepon panggil.


Fitur penyamaran nomor telepon panggil nantinya akan menunjukkan nomor virtual setiap melakukan perjalanan lewat aplikasi. Tak hanya itu, terdapat pula fitur panggilan gratis alias free call yang dapat menjaga privasi pengemudi dan penumpang.

"Jadi hanya penumpang dan driver," jelas Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, pada Senin (22/4). "Ini untuk menjaga privasi dan keamanan kedua belah pihak."

Selain itu, Neneng juga mengaku bahwa transportasi mobil atau GrabCar akan dilengkapi dengan kamera pengawas alias CCTV. Menurut Neneng, saat ini sudah ada sekitar 2 ribu unit GrabCar yang dipasang CCTV. Namun pemasangan kamera pengawas ini masih berfokus pada wilayah Jabodetabek saja.

Pasalnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemasangan CCTV ini. Sehingga, tutur Neneng, keberadaan kamera pengawas ini akan bersifat opsional belaka. Para pengemudi yang bersedia dipasangi CCTV pun akan mendapat subsidi dari Grab Indonesia.

"Karena bagaimana pun juga pasang kamera di mobil enggak mudah dan penyedia yang memasangkannya itu juga enggak terlalu banyak. Kita mau memastikan yang pasang juga yang benar-benar bisa," jelas Neneng. "Jadi fokus awalnya masih di daerah Jabodetabek, tapi bertahap akan menyebar ke seluruh Indonesia."

Sementara itu, fitur selfie bagi penumpang diadaptasi Grab Indonesia dari Malaysia. Fitur ini mengharuskan para penumpang untuk melakukan swafoto sebelum memesan taksi online. Dengan diberlakukannya fitur-fitur keamanan baru ini, diharap keselamatan pengemudi dan penumpang dapat terjaga.

"Menuju nol insiden," tegas Neneng. "Kami berharap tidak ada kejadian aneh-aneh. Tapi, kan, harus jaga-jaga."

You can share this post!

Related Posts
Loading...