Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo Ditutup Akibat Banjir, Sepeda Motor Serbu Jalan Tol
Twitter/dishub_bwi
Nasional

Akibat penutupan jalur tersebut, pengendara terpaksa harus berputar dan mencari alternatif lain. Para pengendara sepeda motor bahkan sempat memaksa masuk ke Jalan Tol Pasuruan-Gempol.

WowKeren - Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo (Paspro), tepatnya di Kraton, Kabupaten Pasuruan, ditutup pada Senin (29/4) pagi akibat genangan banjir. Tak tanggung-tanggung, ketinggian air diperkiran mencapai setengah meter lebih. Banjir ini merupakan dampak luapan air di Sungai Welang, Kraton.

Luapan air bukan menjadi penyebab satu-satunya banjir tersebut. Pasuruan sendiri memang sudah diguyur hujan deras sejak Minggu (28/4) sore.

Akun @dishub_bwi membagikan informasi mengenai ruas jalur tersebut. Beberapa foto yang dibagikan juga menunjukkan genangan air yang cukup tinggi.

"Saat ini jalur Pantura tepatnya Kec. Keraton Pasuruan banjir genangi ruas jalan. Utk sementara jalur darat terputus," tulis akun tersebut. "Dihimbau kpd pengguna jalan agar merencanakan dg baik waktu perjalanannya arah Surabaya. Utamakan selalu Keselamatan Jalan Bersama."

Jalur Pantura

Twitter


Akibat penutupan jalur tersebut, pengendara roda dua maupun roda empat terpaksa harus berputar dan mencari alternatif lain. Para pengendara sepeda motor bahkan sempat memaksa masuk ke Jalan Tol Pasuruan-Gempol.

Namun sayangnya, keinginan mereka tak bisa dituruti. Pasalnya, para pengendara sepeda motor dihadang oleh anggota Satlantas Polres Pasuruan Kota di gerbang tol.

Salah seorang pengendara roda dua bernama Mamat mengaku hendak masuk tol karena mendengar kabar sepeda motor diperbolehkan masuk jalan tol. Sementara itu, jalur alternatif selain jalan tol sudah terlalu macet.

"Tadi saya lihat ada yang bisa lewat tol makanya kami mau lewat tol. Eh ternyata tidak bisa di sini diberhentikan polisi," tutur Mamat dilansir surya.co.id pada Senin. "Kalau lewat jalan alternatif itu lewat jalan-jalan desa. Jalannya sempit, dan sudah macet. Banyak yang lewat sana."

Pihak kepolisian sendiri mengaku kewalahan menghadapi para pengendara sepeda motor yang hendak masuk ke jalan tol. Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota, AKP Kadek Mahardika, pun memberikan beberapa rute alternatif bagi pengendara roda dua.

"Silahkan memutar ke Warungdowo nanti tembus Sidogiri dan nanti tembus ke Rembang dan Bangil. Memang jalannya jalan desa, pasti sempit," jelas Mahardika. "Mereka tertipu kabar hoaks. Kami tegaskan tidak ada kendaraan roda dua yang melintasi tol. Jalur Pantura ditutup dan disarankan untuk memutar ke jalan lain."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait