Usai Bertemu Jokowi, AHY Minta Semua Pihak Terima Hasil Pilpres 2019 yang Dikeluarkan KPU
Nasional

AHY dan Jokowi sepakat bahwa semuanya, termasuk rakyat, ingin menghindari hal-hal yang terlalu berlebihan meski perbedaan pendapat maupun persepsi dalam politik adalah hal yang niscaya.

WowKeren - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada Kamis (2/5) kemarin. Banyak yang menduga pertemuan AHY membahas terkait koalisi PD.

Usai melakukan pertemuan, AHY sempat menyapa awak media. Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa situasi negara pascapemungutan suara 17 April lalu menjadi salah satu tema perbincangannya dengan Jokowi.

"Tadi sempat dibahas bahwa kita berharap pasca 17 April 2019, hari pencoblosan, mudah-mudahan kita semuanya bisa tenang, sabar melihat situasi perkembangan," katanya, seperti dikutip dari CNN Indonesia. "Sekaligus mari sama-sama kita menjadi masyarakat yang dewasa dalam alam demokrasi yang sehat."

AHY berharap semua pihak dapat sabar menunggu hasil Pemilu 2019 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia dan Jokowi sepakat bahwa semuanya, termasuk rakyat, ingin menghindari hal-hal yang terlalu berlebihan meski perbedaan pendapat maupun persepsi dalam politik adalah hal yang niscaya.


"Sikap terbaik bagi kita adalah menunggu sampai dengan penghitungan terakhir yang nanti akan diumumkan secara resmi oleh KPU, penyelenggara pemilu, yang kita harapkan benar-benar menjalankan tugasnya hari ini yang benar," lanjut AHY.

Selain itu, AHY juga meminta semua pihak menghormati kinerja para penyelenggara pemilu. apalagi, proses penghitungan atau rekapitulasi masih dilakukan secara berjenjang hingga tingkat nasional.

"Mudah mudahan paling akhir nanti tanggal 22 Mei kita semuanya sudah bisa menerima apapun hasil yang akan dikeluarkan oleh KPU," ujar AHY. Ia tidak mengungkapkan apakah dalam pertemuannya dengan Jokowi itu membicarakan juga posisi PD dalam peta politik Indonesia.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memberikan tanggapan atas pertemuan AHY dengan Jokowi. Ia memilih untuk tidak berpikir negatif tentang maksud dari pertemuan itu. Sandiaga lebih memilih untuk menganggap pertemuan tersebut sebagai acara silaturahmi seperti biasa.

"Saya belum di-update mengenai pertemuan tersebut oleh Mas AHY," kata Sandiaga di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (2/5). "Dan saya husnuzan saja, bahwa itu adalah pertemuan silaturahim seperti biasa."

(wk/nris)

You can share this post!

Related Posts