Kritikus: Penyelidikan Seungri Tidak Masuk Akal dan Hanya Didorong Opini Publik
Naver
Selebriti

Kritikus budaya Korea Ha Jae Geun merilis analisis masalah sehubungan dengan penyelidikan Seungri melalui media Dailian News KR pada 16 Mei lalu. Berikut opininya.

WowKeren - Mega skandal Seungri menjadi perhatian sejumlah kritikus di Korea Selatan. Kritikus budaya Korea Ha Jae Geun merilis analisis masalah sehubungan dengan penyelidikan mantan personel Big Bang tersebut melalui media Dailian News KR pada 16 Mei lalu.

Seperti diketahui, Pengadilan Distrik Pusat Seoul menolak surat perintah penahanan terhadap Seungri. Ha Jae Geun rupanya mempertanyakan alasan polisi meminta surat penahanan tersebut.


Seungri diduga mendapat empat dakwaan yaitu menerima prostitusi, perdagangan manusia, penggelapan bisnis dan melanggar undang-undang sanitasi makanan. Semua dakwaan disebut tidak mungkin menjadi alasan penahanan bahkan jika tuduhan itu terbukti benar. Oleh karena itu, polisi menggunakan penggelapan uang untuk meminta surat penahanan.

Namun diketahui bahwa tuduhan penggelapan tidak jelas. Jumlah penggelapan yang dilaporkan oleh media bervariasi dan isinya juga tidak akurat. Jika polisi melakukan informasi yang aman, mereka akan dengan jelas melaporkan siapa, berapa banyak dan bagaimana mereka menggelapkan. Namun karena jumlahnya bervariasi dan detailnya tidak jelas, penyelidikan polisi akhirnya diragukan.

Keraguan diperkuat pada tahap pengajuan surat perintah penahanan. Polisi mengatakan mereka akan mengajukan surat perintah awal bulan ini, tapi ditunda. Mereka juga mengatakan akan melakukan penyelidikan yang diperkuat. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa polisi belum mendapatkan bukti yang dapat menempatkan Seungri dalam tahanan, terutama yang berkaitan dengan penggelapan.

Permintaan untuk surat perintah penahanan yang ditunda akhirnya diajukan. Dua asumsi yang mungkin dibuat tentang ini. Pertama, meskipun terlambat, ada kemungkinan bahwa mereka telah memperoleh bukti penting untuk mengajukan surat perintah. Kedua, kemungkinan bahwa mereka mengajukan surat perintah dengan pertimbangan opini publik meskipun mereka masih gagal mendapatkan bukti penting.

Kemungkinan kedua menjadi masuk akal mengingat bahwa surat perintah itu akhirnya ditolak. Pengadilan mengatakan bahwa ada "ruang untuk sengketa" atas tuduhan penggelapan. Ini berarti bahwa dugaan tersebut belum dibuat jelas. Kalau tidak, sikap Seungri yang selama ini positif menjadi pertimbangan pengadilan.

Seungri awalnya dijadwalkan untuk menjalani wajib militer, tapi mengajukan penundaan atas keinginannya sendiri. Awalnya tidak diizinkan, tapi dokumen diperkuat dan permintaannya disetujui, yang akhirnya membuat jadwal wajib militernya ditunda. Dan sejauh ini, ia telah sepenuhnya mengikuti penyelidikan. Dikatakan bahwa sikapnya diselidiki adalah tulus.

Polisi saat ini mengerahkan kekuatan penuh untuk menangkap Seungri. Mereka telah menyelidiki dan memanggil Seungri 18 kali selama 78 hari. Tidak ada alasan untuk menangkapnya, mereka benar-benar hanya "memukulinya" secara brutal. Dengan kata lain, itu adalah investigasi target yang didorong oleh opini publik.

Awalnya, itu adalah penyelidikan Burning Sun, tapi berakhir sebagai skandal individu Seungri. Rasanya seperti itu berubah menjadi penyelidikan terpisah. Menyapu debu, liputan media yang terus menerus membuat keributan publik, dan pada akhirnya ia tidak ditangkap. Para kritikus menunjukkan hingga sekarang bahwa penyelidikan itu tidak masuk akal.

Otoritas publik harus bertindak adil kepada rakyat. Seharusnya tidak bertindak lebih ketat pada selebriti. Tidak adil memukuli seseorang secara brutal berdasarkan opini publik. Tidak masuk akal untuk menahannya tanpa syarat, hanya karena banyak orang menuntutnya. Inilah sebabnya mengapa ada keraguan tentang penyelidikan polisi terhadap Seungri.

Keraguan lain adalah menghilangnya skandal Burning Sun secara perlahan. Kasus kekerasan seksual, narkoba dan dugaan adanya koneksi polisi di Burning Sun mendadak tidak begitu diekspos. Ketidakadilan yang dialami Seungri disebut telah menyelamatkan Burning Sun.

Tidak peduli seberapa banyak polisi menyelidiki, apakah mereka dipaksa untuk pindah menyelidiki Seungri karena kurangnya tuduhan dalam Burning Sun, atau apakah mereka sengaja menutupi Burning Sun dan "memukuli" Seungri untuk waktu yang lama untuk menarik perhatian, menimbulkan kecurigaan kuat.

Jika ini terus berlanjut, "memukuli Seungri" sepertinya akan dikenang sebagai investigasi tingkat tinggi terbesar yang dipimpin oleh opini publik. Selain itu, penyelidikan Burning Sun kemungkinan akan diingat sebagai penyelidikan tergesa-gesa dengan antiklimaks terbesar di Korea.

You can share this post!

Related Posts
Loading...