Menhub Budi Karya Prediksi Puncak Arus Mudik Jatuh Pada 31 Mei
Nasional
Lebaran 2019

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kala meninjau jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, bersama 3 Menteri lain pada Rabu (29/5).

WowKeren - Hari Raya Idul Fitri jatuh pada pekan depan. Mayoritas warga Indonesia tentu telah bersiap untuk melakukan mudik ke kampung halaman mereka masing-masing.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2019 akan jatuh pada Jumat (31/5). "Prediksi puncak arus mudik tanggal 31 (Mei 2019) ya," ungkap Budi kala meninjau jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, pada Rabu (29/5).


Budi pun menjelaskan bahwa jalur selatan Nagreg merupakan favorit para pemudik tujuan Garut, Tasikmalaya, Ciamis, atau pun Jawa Tengah. Meski sudah tersedia jalan tol di jalur utara Jawa Barat, jalur selatan diakui Budi tetap memiliki pesona tersendiri dan menjadi magnet bagi para pemudik, khususnya yang berasal dari Jakarta.

"Ini ada perimbangan ya euforia itu pasti akan melalui jalan tol yang sudah ada yang dibuat pak Basoeki," jelas Budi. "Tetapi, selatan ini menjadi favorit dan alternatif. Jadi orang itu jangan menggunakan jalan tol saja."

Dalam agenda peninjauan tersebut, Budi ditemani oleh beberapa Menteri lain. Di antaranya adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, hingga Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Rombongan empat Menteri tersebut tiba di kawasan Nagreg menggunakan tiga helikopter. Menurut Puan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memantau langsung kesiapan pengamanan arus mudik di jalur selatan.

"Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur mudik di selatan," tutur Puan dilansir Kompas. "Harus dipastikan dari mulai keamanan hingga posko-posko yang sudah disediakan."

Putri Megawati Soekarnoputri tersebut telah melihat berbagai persiapan telah dilakukan demi memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik jalur selatan. Beberapa di antaranya adalah rekayasa lalu lintas, fasilitas kesehatan, hingga rest area di sepanjang jalur mudik. "Untuk kesehatan juga sudah disiapkan, posko-posko sudah disiapkan," ujar Puan.

Puan pun optimis bahwa mudik Lebaran 2019 dapat berlangsung aman dan lancar. Ia juga mengimbau agar para pemudik selalu menjaga ketertiban dan kesehatan dalam perjalanan. "Kalau merasa sudah lelah, istirahat dulu, jangan buru-buru. Banyak rest area dan pos (kesehatan)," imbau Puan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts