Antisipasi Pemudik dari Jakarta, Sistem One Way Trans Jawa Diberlakukan Mulai Jam 6 Pagi
Nasional

Sebelumnya sistem satu arah sudah terlebih dahulu diberlakukan di kilometer 69 Tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes Barat kilometer 263 pada Kamis (30/5) pagi.

WowKeren - Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi melonjaknya arus mudik lebaran 2019. Salah satunya dengan menerapkan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa.

Sistem satu arah mulai diterapkan hari ini, Jumat (31/5) pukul 06.00 WIB. Hal ini dilakukan mengingat kemungkinan terjadinya lonjakan arus mudik dari arah Jakarta yang diperkirakan akan mulai berangkat setelah sahur.

"Rencana jam 6 pagi, karena mengingat banyak yang bergerak dari Jakarta setelah sahur," kata Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Benyamin dilansir dari Antara, Jumat (31/5). "Jadi jam 6 kami sudah mulai (one way)."

Adapun sistem satu arah untuk mudik sudah diberlakukan sejak kemarin Kamis (30/5). Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang melewati Tol Trans Jawa. Sistem ini diberlakukan hingga Minggu (2/6) mendatang.


Sedangkan untuk sistem satu arah saat arus balik nanti akan diberlakukan mulai 8 hingga 10 Juni 2019. Adapun sistem ini akan berlaku mulai kilometer 263 Brebes Barat menuju kilometer 70 Cikampek Utama.

Sebelumnya, one way sudah diberlakukan terlebih dahulu di kilometer 69 Tol Jakarta-Cikampek hingga kilometer 263 Brebes Barat. Hal ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan yang melaju dari arah Jabodetabek.

"Untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan pemudik dari arah Jabodetabek," kata Coorporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti masih dilansir dari Antara, Jumat (31/5). "Yang mulai memadati ruas tol Jakarta-Cikampek hingga siang ini."

Sistem ini mulai diberlakukan sejak Kamis (30/2) pagi. "One way di KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 263 Brebes Barat sejak pukul 08.00 WIB. Kami mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal," jelas Irra.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait