AHY dan Ibas Antar Ibunda ke Liang Lahat, Air Mata SBY Menetes di Depan Pusara Ani Yudhoyono
Instagram/aniyudhoyono
Nasional

Lagu 'Gugur Bunga' dilantunkan saat SBY berjalan menuju pusara Ani Yudhoyono. Presiden Jokowi yang membacakan apel persada Ani turut mendoakan mendiang Ani Yudhoyono beserta keluarga.

WowKeren - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarga melepas jenazah Ani Yudhoyono dengan penuh air mata. Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono digelar secara militer pada pukul 14.39 WIB di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6).

Prosesi pemakaman diawali dengan pengangkatan kain merah putih dari peti jenazah Ani Yudhoyono. Kedua putra almarhumah, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), selanjutnya turun ke liang lahat. Mereka mengantarkan sang ibu ke peristirahatan terakhir.

Selanjutnya, petugas TNI memberi tembakan penghormatan ke udara. Jenazah Ani Yudhoyono lalu diletakkan ke liang lahat. Pihak keluarga pun dipersilakan untuk menabur bunga.

Lagu "Gugur Bunga" dilantunkan. SBY berjalan dari kursinya menuju pusara Ani Yudhoyono. Kedua menantu SBY beserta cucu-cucu mendiang Ani Yudhoyono pun turut menabur bunga.

Pandangan mata SBY tertuju ke arah jenazah Ani yang sudah berada di dalam kubur. Air matanya tampak tak tertahankan lagi.


Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan apel persada Ani. Dalam apelnya, Jokowi turut mendoakan mendiang Ani Yudhoyono.

"Ibu Hajah Kristiani Herawati Yudhoyono meninggalkan kita semua pada bulan Ramadhan, bulan yang sangat baik, bulan diturunkannya Alquran, bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan penuh rahmat," ujar Jokowi. 'Beliau meninggalkan kita semua pada hari-hari lailatul qodar, semoga husnul khotimah."

Jokowi juga mendoakan keluarga SBY agar tetap sabar dan tabah. "Kepada keluarga Almarmhumah yang ditinggalkan, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, semoga Allah memberikan kesabaran dan menerima kepergian Almarhumah dengan ikhlas dan tawakal," tambah Jokowi.

"Dengan memohon rida Allah SWT, marilah kita lepas kepergian ibu hj Kristiani Herrawati Yudhoyono menghadap Alah SWT dengan tenang, dengan diiringi doa," lanjut Jokowi. "Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat jadi suri tauladan dan arwahnya dapat tempat semestinya di alam baka."

Sejumlah tokoh hadir di pemakaman Ani Yudhoyono. Di antaranya adalah BJ Habibie, Sinta Nuriyah, Megawati Soekarnoputri, dan sejumlah menteri kabinet Jokowi. Ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) usai berjuang melawan penyakit kanker darah sejak Januari 2019. Untuk menghadapi kondisi tersebut, Ani Yudhoyono sempat direncanakan menjalani transplantasi sumsum tulang. Namun rencana tersebut masih belum tercapai.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru