SBY Ungkap Kisah Haru Rumah Sakit Singapura Tanam Bunga Anggrek Bernama Ani Yudhoyono
Instagram/aniyudhoyono
Nasional

Hal tersebut diceritakan SBY kala berziarah ke makam mendiang Ibu Ani pada Rabu (5/6). Dalam kesempatan tersebut, SBY juga meletakkan bunga anggrek berwarna ungu di atas makam istrinya.

WowKeren - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, mengungkapkan bahwa National University Hospital (NUH) Singapura menanam bunga anggrek yang diberi nama mendiang istrinya, Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono. Kisah ini diungkapkan SBY kala berziarah ke makam Ibu Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Rabu (5/6).

Semua berawal dari SBY yang kerap membawa bunga anggrek untuk Ibu Ani ke NUH Singapura. Pasalnya, Ibu Ani memang senang dan sering menanam bunga anggrek di halaman rumahnya di Cikeas, Bogor.

Karena rasa cinta Ibu Ani kepada bunga anggrek tersebut, pihak NUH pun menanam tanaman dengan nama Ani Yudhoyono sebagai bentuk penghormatan. "Karena rasa cintanya terhadap bunga anggrek, pihak rumah sakit mengabadikan nama Ibu Ani, Kristiani Herrawati, karena sangat menyenangi anggrek," ungkap SBY.

Dalam kesempatan ziarah tersebut, SBY meletakkan bunga anggrek berwarna ungu di atas makam istrinya sebagai bentuk kasih sayang. Selain itu, hal tersebut juga menjadi tanda peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.


SBY sendiri berziarah ke TMP Kalibata bersama dengan kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), serta para menantu dan cucunya.

Ketua Umum Partai Demokrat tersebut kompak mengenakan batik bernuansa hitam bersama AHY dan Ibas. SBY pun menyebut bahwa kain batik tersebut merupakan pilihan mendiang istrinya sebelum meninggal.

"Ini batik ini yang menyiapkan Ibu, yang memilih warnanya Ibu, kok tiba-tiba ingin nuansa hitam. Dia biasanya enggak pernah, tiap tahun. Dan Ibu bilang, 'Nanti kita pakai di rumah sakit pada saat Lebaran'," tutur SBY. "Ternyata dipakai Ibu pada saat jenazah itu dibawa dari rumah sakit menuju masjid di KBRI."

Selain itu, SBY juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia yang telah berdoa bagi mendiang Ibu Ani. "Semoga keikhlasan bapak ibu untuk berkenan berziarah, dan mendoakan almarhumah agar dapat tenang di sisi Allah SWT semoga mendapatkan balasan dari Tuhan yang Maha Kuasa," ucap SBY.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel