Menhub Budi Karya Angkat Bicara soal China Airlines Yang Layani Rute Domestik
Nasional

Belum lama ini warganet dihebohkan dengan postingan terkait tiket pesawat maskapai asing yang melayani rute domestik. Di lain sisi, maskapai asing tersebut belum mendapat izin untuk beroperasi di Indonesia.

WowKeren - Jagad maya kembali dihebohkan dengan postingan tiket pesawat milik maskapai asing, China Airlines, yang melayani rute domestik Jakarta-Makassar. Sebab, maskapai tersebut belum mendapat izin untuk terbang di Indonesia.

Terkait hal ini, Kementerian Perhubungan angkat bicara. Menhub Budi Karya Sumadi mengklarifikasi kabar tersebut. Ia menjelaskan bahwa China Airlines bukannya membuka rute domestik di Indonesia, namun itu merupakan bentuk kerja sama dengan maskapai nasional melalui Code Share.


"Tidak ada, sebenarnya tidak ada," kata Budi dilansir dari Liputan 6, Senin (17/6). "Itu Code Share, antara Garuda dengan itu (China Airlines)."

Senada dengan Budi, seorang pengamat penerbangan Alvin Lie juga mengatakan bahwa airlines asing tersebut tidak membuka pelayanan untuk rute domestik. Namun, hal itu tak lebih dari semacam kerja sama dengan Garuda.

"Benar ada penerbangan CI9798 CGK-UPG. Namun tidak benar bahwa airlines Taiwan tersebut melakukan pelayanan penerbangan domestik CGK-UPG," kata Alvin lewat cuitan di akun Twitter miliknya pada Kamis (13/6). "Penerbangan CI9798 merupakan kerjasama Code Share dengan Garuda. Nomor penerbangan aslinya adalah GA-612."

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa kerja sama Code Share merupakan hal yang biasa dalam industri penerbangan. Dikatakannya, Garuda sendiri telah bekerja sama dengan banyak maskapai melalui Code Share, bukan hanya dengan China Airlines.

"GA bekerjasama Code Share dengan banyak airlines asing baik SkyTeam maupun di luar SkyTeam," jelas Alvin dalam cuitan yang lain. "Dalam kasus CI9798, penumpang dari Taiwan membeli tiket China Airlines, kemudian China Airlines mengalihkannya kepada GA untuk melaksanakan pengangkutan. Demikian juga penumpang di Indonesia bisa membeli tiket GA untuk terbang di berbagai negara dimana sebenarnya GA tidak operasikan penerbangan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...