Nama Udung Puncaki Trending Topic Twitter Usai Jadi Perdebatan di Sidang MK
Nasional
Sidang Sengketa Pilpres 2019

Saksi yang diperiksa awalnya meyakini sosok Udung tak pernah ada di dunia karena diduga hanya akal-akalan dalam kasus KTP invalid. Namun belakangan keterangan ini diganti.

WowKeren - Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019 sedang bergulir di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Diketahui baru satu orang saksi yang digali keterangannya dalam persidangan, yakni Direktur IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Agus Maksum.

Namun ada yang menarik perhatian dalam persidangan ini, yakni sosok Udung, seorang warga Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Nama Udung berkali-kali disebutkan Agus dalam keterangannya terkait data KTP invalid.


Agus awalnya meyakini tak pernah ada sosok bernama Udung. Kesimpulan ini diambil berdasarkan data kependudukan Udung yang tidak akurat. Karena itulah Agus mengaku tak pernah memeriksa ke lapangan.

Namun belakangan keterangan itu justru diubah oleh Agus. Ketika menjawab pertanyaan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari, yang lalu dilanjutkan oleh Hakim MK I Gede Dewa Palguna, Agus justru mengaku tak tahu-menahu soal sosok Udung.

"Jadi keterangan mana yang akan Anda gunakan yang harus dipegang oleh Mahkamah?" tanya Palguna mengacu pada dua kemungkinan jawaban, yaitu tidak ada sosok Udung di dunia seperti keterangan awal Agus atau tidak tahu.

"Tidak tahu," ujar Agus akhirnya setelah dicecar beberapa kali oleh Palguna.

Perubahan keterangan ini sontak menarik perhatian publik. Dipantau dari Twitter, nama Udung sudah memasuki daftar sepuluh besar trending topic Indonesia. Warganet pun berlomba-lomba meninggalkan komentar dengan nama "Udung" ini. Berikut contoh beberapa cuitannya.

"Pak Udung itu tidak ada di dunia nyata. Berarti Pak Udung ada di dunia imajinasi mereka sendiri," tulis @Ichan***. "Mengadakan sesuatu yang memang tidak ada."

"Naik udung-udung aja...," ujar @bigger***. "Odong odong," balas @ameisth*** atas cuitan sebelumnya.

"Apakah Udung saudara kembar Udang?" tulis @Lawlust***, lengkap dengan emoticon tertawa. "Hahahahaha....kamana atuh mang udung teh (ke mana Pak Udung)," imbuh @Ezotset***.

"Udang Udung gw taunya naSI UDUNG," kata @uchenu*** sembari melampirkan gambar sepiring nasi uduk. Komentar senada pun dituliskan @inki***. "Oh ini si Udung Udung itu pantesan enak," cuit @inki***.

Hingga berita ini ditulis, sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 masih dihentikan sementara untuk istirahat makan siang. Sidang akan dilanjutkan kembali, tetap dengan agenda memeriksa saksi yang dihadirkan kubu Prabowo-Sandiaga sebagai pihak Pemohon.

You can share this post!

Related Posts
Loading...