Pesawat Malindo Air Tergelincir di Bandung, Pilot Langsung Jalani Tes Urine
Nasional

Pesawat Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, pada Kamis (20/6) sekitar pukul 14.13 WIB.

WowKeren - Dunia penerbangan Indonesia kembali diwarnai oleh insiden tak menyenangkan. Kini, pesawat Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Insiden tersebut terjadi pada Kamis (20/6) sekitar pukul 14.13 WIB. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Bonang Bayuaji.

"Malindo 301 rute Bandung-Kuala Lumpur pukul 14.13 WIB mau melaksanakan take off Bandung menuju Kuala Lumpur," jelas Bonang di Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara pada Kamis. "Setelah rilis take off dari tower terjadi crash. Pesawat keluar landasan di ujung runway 29, dengan posisi wing (sayap) kiri masih berada di landasan."

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Seluruh penumpang dan kru pesawat Malindo Air selamat dan dapat dievakuasi ke tempat yang aman. "Semua penumpang selamat, evakuasi sudah dilakukan dan kembali ke terminal," terang Bonang.


Insiden tersebut pun kini diselidiki. Seluruh kru pesawat Malindo Air sendiri langsung menjalani tes urine.

"Sudah ada prosedur sedang penyelidikan lebih lanjut kepada penerbang dan kru sudah diambil urine. Apakah ada hal-hal yang (lain), perlu didalami," ungkap Bonang. Tes urine terhadap para awak pesawat seperti pilot pun berlangsung tertutup.

"Untuk sementara, pilot dari sistem pesawat normal. Saat take-off terus di-line up position pesawat langsung ke luar," jelas Bonang. "Sementara tidak bisa kasih keterangan lebih lanjut."

Kala insiden, pesawat dengan rute Bandung-Kuala Lumpur tersebut membawa 122 orang. Maskapai Lion Air selaku grup yang menaungi Malindo Air pun telah memastikan keselamatan seluruh penumpang. Malindo Air sendiri kini tengah berusaha untuk menerbangkan para penumpang pesawat OD-301 ke bandara tujuan di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Dalam pesawat tersebut, terdapat 122 orang," tutur Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, pada Kamis (20/6). "Yang terdiri dari 114 penumpang dan delapan anggota kru."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru