Jadi Trending Topic, Kicauan Terakhir Sutopo Sebelum Meninggal Bikin Netizen Terharu
Instagram/sutopopurwo
Nasional

Walaupun sakit parah, Sutopo Purwo Nugroho sempat mengunggah gambar Indonesia di akun Twitter miliknya menunjukkan dedikasinya untuk Tanah Air di akhir masa hidupnya.

WowKeren -

Kabar kematian Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Sutopo meninggal dunia setelah lama berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Almarhum Sutopo meninggal dunia saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Tiongkok, pada Minggu (7/7) dini hari. Kematian Sutopo ini tak tentunya juga membuat masyarakat ikut merasa kehilangan. Apalagi sosok Sutopo dikenal cukup berjasa dalam menginformasikan keadaan terkini berbagai bencana alam yang sempat melanda Indonesia.

Bahkan, kabar meninggalnya Sutopo ini juga menjadi trending topic di Twitter pada Minggu pagi. Sebelum meninggal dunia, Sutopo juga sempat menulis kicauan terakhir di akun Twitter miliknya, @Sutopo_PN. Kicauan itu ia tulis pada 15 Juni 2019.

Dalam kicauannya ini, Sutopo hanya mengunggah gambar peta Indonesia. Yang menarik, Sutopo hanya mengunggah gambar tersebut tanpa membubuhkan keterangan apapun. Tentunya hal ini cukup mengundang tanda tanya, karena kicauannya tersebut berbeda dari sebelumnya.

Gambar yang diunggahnya ini merupakan data hotspot di seluruh Indonesia. Dengan mengunggah gambar tersebut, Sutopo seakan mengisyaratkan bahwa Indonesia selalu ada dalam pikirannya meskipun ia tengah sakit parah.

Unggahan terakhir Sutopo ini juga mendapat banyak reaksi dari netizen. Hingga berita ini dibuat, kicauan tersebut telah mendapat hampir tiga ribu like. Netizen merasa terharu karena Sutopo tetap memikirkan Indonesia di masa akhir kehidupannya.

"Tweet terakhir pagi-pagi buka twitter, lsg ada kabar duka Selamat jalan Pak Sutopo.. salut sama beliau yg selalu setia & siaga mengabarkan setiap info bencana, pdhl kondisinya sedang sakit. Semoga husnul khotimah, aamiin. Al fatihah," komentar akun @zahraquin***. "Luar biasa ini pak topo, twit terakhir nya foto indonesia dong tanpa pake caption apa2 seakan memberi tahu kalo, apapun sikon nya, indonesia selalu ada di benak bapak," komentar akun @renisaripu***. "Twit terakhir beliau Turut berduka cita atas berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa, semoga amal dan ibadah diterima di sisi Tuhan," komentar akun @dekyasu***.

Sebelumnya, Sutopo juga sempat berpamitan pada netizen sebelum berangkat ke Guangzhou, Tiongkok, untuk pergi berobat. Ia mengunggah videonya saat berada di Bandara Soekarno-Hatta tersebut di Instagram.

"Saat ini saya masih di Bandara Internasional Soekarno Hatta dalam rangka menuju ke Guangzhou China untuk berobat dari penyakit kanker yang makin menggerogoti dan makin menyakitkan," ujar Sutopo di videonya. "Saya mohon doa restu kepada seluruh rekan-rekan agar bisa sembuh dari sakit kanker ini, bisa terus berkumpul dengan keluarga, dan berkumpul dengan teman-teman."

Sementara itu, jenazah Sutopo rencananya akan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah, atas permintaan orangtuanya. Jenazah Sutopo akan diterbangkan dari Guangzhou ke Indonesia sekitar pukul 15.00 waktu setempat dan direncanakan tiba pukul 20.00 WIB, Minggu (7/7).

"Rencananya hari ini (jenazah) akan diterbangkan, semua administrasi Insyaallah bisa selesai. Kemudian tinggal menunggu izin dari imigrasi RRC," ujar Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, di kediaman Sutopo, Depok, Minggu (7/7). "Dijadwalkan penerbangan pesawat Garuda pada pukul 15.10 waktu Ghuangzou dan direncanakan tiba di Soekarno-Hatta sekitar pukul 20.00 WIB malam ini."


(wk/rays)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru