Masih di Mekkah, Habib Rizieq Siap Buka Ijtima Ulama IV Via Telekonferensi
Nasional

Beredar dugaan bahwa Ijtima Ulama IV akan membahas soal kekalahan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 dan arah politik ulama untuk menyongsong Pemilu 2024.

WowKeren - Diketahui Ijtima Ulama IV akan digelar hari ini, Senin (5/8). Bertempat di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pertemuan ulama se-Indonesia ini disebut akan membahas sikap ormas Islam pasca kekalahan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Terkait dengan agenda itu, rupanya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab ikut ambil bagian. Pasalnya Rizieq disebut akan membuka Ijtima Ulama IV kendati masih di Mekkah, Arab Saudi. Nantinya Rizieq akan membuka Ijtima Ulama IV lewat video telekonferensi.

Kabar ini pun dibenarkan oleh Penanggung Jawab Ijtima Ulama IV Yusuf Muhammad Martak. Menurutnya, Rizieq selama ini selalu aktif dengan memberikan sambutan di Ijtima Ulama I hingga III. Namun baru kali ini lah Rizieq bersedia membuka langsung pertemuan tersebut walau melalui video telekonferensi.

"Khusus untuk Ijtima Ulama ke-IV kali ini, justru akan dibuka langsung (oleh) Imam Besar kita," ujar Yusuf saat konferensi pers di lokasi acara, Senin (5/8). "Habib Muhammad Rizieq Syihab melalui rekaman dari Mekkah."


Dalam kesempatan itu Yusuf pun membantah dugaan bahwa Ijtima Ulama IV akan membahas soal Pilpres 2019. Menurutnya, Pilpres 2019 sudah berakhir seiring dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 27 Juni 2019 lalu.

Namun Yusuf tak menampik kemungkinan Ijtima Ulama IV akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilpres 2019. Terutama terkait dengan indikasi kecurangan yang terjadi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Hal ini, kata Yusuf, demi mewujudkan sistem Pemilihan Umum yang lebih baik ke depannya.

"Apabila terjadi pengkhianatan-pengkhianatan atau kecurangan-kecurangan di dalam Pemilu, nah itulah yang nantinya mungkin akan disikapi," jelasnya, dilansir oleh Suara. "Akan ditampung seluruh masukan-masukan apabila ada masukan yang mengarah terhadap hal tersebut."

Untuk diketahui, Ijtima Ulama IV digelar di Lantai 10 Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh sejumlah ulama dan tokoh dari seluruh provinsi di Indonesia dan digelar tertutup.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru