Wacana PNS Boleh Kerja Dari Rumah, Pengamat: Di Kantor Saja Tidak Produktif
Nasional

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, pihaknya kini tengah mendesain sistem kerja PNS agar bisa meniru gaya perusahaan start-up.

WowKeren - Wacana kebijakan baru untuk pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) kembali berembus. Pemerintah membuka wacana agar para PNS nantinya bisa bekerja dari rumah.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, pihaknya kini tengah mendesain sistem kerja PNS agar bisa meniru gaya perusahaan start-up. Sehingga nantinya PNS akan memiliki fleksibilitas kerja. "Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana," tutur Setiawan di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, pada Kamis (8/8).

Setiawan pun menjelaskan bahwa berdasarkan data Global Talent Competitiveness Index di tahun 2018, Indonesia menduduki peringkat 77 dari 119 negara. Skor terkecil yang didapat Indonesia adalah poin global knowledge skills terutama penguasaan IT.

Oleh sebab itu, rekrutmen CPNS sejak 2015 telang menggunakan sistem IT. Tak hanya untuk efisiensi, sistem tersebut juga bertujuan agar CPNS yang direkrut memahami IT dan bisa diterapkan dalam pekerjaan.


"Sejak 2014-2018, jumlah rekrutmen CPNS mencapai 317.979 orang. Sejak pendaftaran mereka harus menggunakan sistem computerize," jelas Setiawan. "Diharapkan di 2024, PNS kita memiliki basis IT yang cukup kuat karena jumlahnya akan 50 persen dari total PNS, dengan asumsi per tahun rekrutmen 200 ribu formasi."

Dengan pemahaman tentang pemanfaatan IT, Setiawan yakin akan terjadi percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan, hingga berdampak sosial. Oleh sebab itu, posisi PNS tertentu akan diberi fleksibilitas kerja.

"Kami yakin mereka (PNS yang menguasai IT) adalah tulang punggung kita ke depan," ungkap Setiawan. "Fleksibilitas kerja ini masuk dalam indikator birokrasi."

Sayangnya, wacana PNS bekerja dari rumah ini justru dinilai tak tepat oleh pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio. Pasalnya, produktivitas PNS semakin dipertanyakan apabila mereka bekerja dari rumah.

"Saya enggak setuju. Kerja di kantor saja tidak produktif, apalagi di rumah," pungkas Agus dilansir detikFinance pada Jumat (9/8). "Model ASN enggak cocok kerja di rumah, karena budayanya jauh berbeda kalau dibanding dengan start-up."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait