Sepakat Ibu Kota Dipindah, Fadli Zon Sarankan Jonggol atau Kertajati
Instagram/fadlizon
Nasional

Fadli Zon menyepakati wacana pemerintah yang akan memindahkan Ibu Kota. Namun, ia menyarankan pemerintah untuk memilih daerah yang lebih dekat dengan Jakarta seperti Jonggol atau Kertajati sebagai Ibu Kota baru.

WowKeren - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon sepakat dengan wacana pemindahan Ibu Kota. Namun, ia meminta Pemerintah untuk melakukan pengkajian yang lebih mendalam terkait rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan.

"Yang penting adalah urgensinya apa, waktunya kapan, dan dimana tempatnya. Saya kira itu yang perlu di lakukan pengkajian yang mendalam," kata Fadli Zon saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

Menurut Fadli, Indonesia dapat belajar dari Malaysia mengenai pemindahan ibu kota. Di mana negara tersebut memindahkan ibu kota negaranya tidak jauh dari ibu kota yang sebelumnya.


Oleh sebab itu, Waketum Gerindra itu mengusulkan bahwa pemindahan ibu kota negara seharusnya tidak jauh dari wilayah Jakarta. Sebab wilayah sekitar akan memiliki sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur yang cukup.

Ia menyarankan untuk melakukan pemindahan ibu kota ke wilayah wilayah Jonggol, Kabupaten Bogor atau Kertajati di Kabupaten Majalengka. "Misalnya ke wilayah yang dekat seperti di Jonggol atau mungkin di Kertajati begitu ya. Itu sangat memungkinkan secara kalkulasi dan SDM. Sumber daya dan infrastruktur sebagainya," ujar Fadli.

Fadli juga menjelaskan alasannya yang memilih 2 daerah tersebut untuk dijadikan ibu kota dikarenakan pemerintah harus mempertimbangkan keuangan negara terkait usulan pemindahan tersebut. "Ya itu kan bukan ide Pak Jokowi sendiri, itu kan asalnya ide Bung Karno. Jadi kalau kita sudah cukup banyak uang dan kita sudah cukup ini, ya enggak ada masalah. Kalau perlu pusat-pusat itu dipisah-pisahkan sehingga sentral pertumbuhan barunya lebih banyak gitu," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, partainya sepakat dengan rencana pemerintahan Joko Widodo yang memindahkan ibu kota negara dari Pulau Jawa. Bahkan ia menambahkan jika rencana tersebut sudah diperjuangkan oleh partainya, Gerindra sejak tahun 2014.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru