Anies Baswedan Buka Suara Tanggapi Wacana Bekasi Gabung Jakarta
Nasional

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi lebih memilih jika Bekasi akan masuk ke dalam pemekaran wilayah Jakarta, daripada Bogor. Hal itu menanggapi wacana Bogor dijadikan provinsi.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara menanggapi isu bergabungnya Bekasi ke wilayah DKI Jakarta. Wacana tersebut muncul dari pernyataan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi belum lama ini.

Anies menilai bahwa pemekaran satu wilayah merupakan wewenang pemerintah pusat. Oleh sebab itu, Anies menilai bahwa DKI juga akan mengikuti apa yang akan menjadi keputusan pemerintah pusat, tak terkecuali pemekaran wilayah Jakarta.

"Kita adalah sebuah negara kesatuan," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Senin (19/8). "Pembagian wilayah adalah wewenang dari pemerintah pusat. Jadi secara prinsip Pemprov DKI akan memang harus menaati keputusan pemerintah pusat."

Sebelumnya, diberitakan bahwa Wali Kota Bogor Bima Arya mengusulkan provinsi Bogor dan menjadikan Bekasi sebagai bagian dari wilayah Bogor. Namun, Rahmat sebagai Wali Kota Bekasi lebih memilih jika daerahnya bergabung ke wilayah Jakarta.


Lebih jauh, Anies mempersilakan jika ada pihak yang berkepentingan yang ingin mengajukan wacana pemekaran kepada pemerintah pusat. Ia mengaku akan menampung aspirasi warga tersebut. Jika nantinya pemerintah pusat menginstruksikan DKI untuk melakukan pemekaran, maka Pemprov DKI akan menjalankannya.

"Kalau keputusan pemerintah pusat ya Jakarta menjalankan. Kan keputusannya lewat Undang Undang atau Peraturan Pemerintah, maka kita berkewajiban menjalankan," jelas Anies. "Maka prosesnya bukan dengan DKI tapi pemerintah pusat."

Dilihat dari segi ekonomi, Anies menilai bahwa kondisi perekonomian Jakarta sudah terintegrasi dengan sejumlah daerah mitra. Sedangkan perbedaannya hanya ada di wilayah administrasi pemerintahan saja.

"Secara ekonomi, kawasan Jakarta dan sekitarnya itu sudah terintegrasi. Hanya secara administrasi pemerintahan yang berbeda. Secara ekonomi, Jakarta kemudian juga dengan kabupaten kota bertetangga seperti Bekasi," ujar Anies. "Kemudian Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Depok. Itu sebagai suatu perekonomian yang terintegrasi."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait