Menteri Sofyan Ralat Sebut Ibu Kota Pindah ke Kaltim: Masih Dilakukan Kajian
Instagram/sofyan.djalil
Nasional

Sebelumnya, Menteri Agraria dan tata Ruang Sofyan Djalil menyebutkan bahwa Kalimantan Timur lah yang akan menjadi lokasi ibu kota baru. Namun baru-baru ini ia justru meralat pernyataannya.

WowKeren - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) belum lama ini mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur akan menjadi lokasi ibu kota yang baru. Namun baru-baru ini ia justru meralat pernyataannya tersebut.

Sebab, saat ini rupanya pemerintah masih melakukan kajian terkait rencana tersebut. Ada dua kajian yang perlu dilakukan sebelum pemerintah membuat keputusan kemana ibu kota akan dipindah.

Kajian tersebut dilakukan oleh Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Itu kajian yang sedang dikerjakan Bappenas, saya enggak tahu permasalahan teknis," kata Sofyan di kantor BPK, Jakarta, Jumat (23/8).

Dalam kajian tersebut akan ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan sebelum pemerintah mengambil keputusan akhir. Salah satunya terkait potensi bencana. Lokasi ibu kota yang baru harus dipastikan tidak rawan bencana. "Ya banyak faktor, banyak faktor (syarat ibu kota baru)," lanjut Sofyan.


Setelah kajian tersebut semuanya dirampungkan, maka Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota. Meski demikian, ia mengaku tidak tahu detail kajian yang dibahas sebab hal itu menjadi ranah Bappenas. Selain kalimantan timur, ada dua provinsi lain yang juga menjadi kandidat calon ibu kota baru yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

"Enggak enggak masih ada dua studi lagi kata presiden," kata Sofyan. "Dan itu dikerjakan oleh Bappenas saya enggak ikut rapat. Saya enggak tahu seperti apa. Setelah studi itu lengkap baru Presiden akan umumkan."

Hal serupa juga sebelumnya disampaikan oleh Jokowi. Jokowi belum bisa memberikan pengumuman terkait lokasi bu kota baru lantaran dirinya masih menunggu hasil kajian. "Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis (22/8).

Sebelumnya, Sofyan mengungkapkan bahwa ibu kota yang baru akan berlokasi di Kalimantan timur. Meski demikian, ia tidak menyebutkan secara detail. "Iya benar di Kaltim, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana," ujarnya beberapa waktu lalu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait