Menag Komentari Kebaktian Kristen di Halaman Masjid Darussalam: Sungguh Menyejukkan
Nasional

Sebuah foto yang memperlihatkan kegiatan kebaktian umat Kristiani di pelataran masjid menghebohkan dunia maya. Hal ini dianggap sebagai bentuk toleransi yang tinggi antar umat beragama.

WowKeren - Sebuah foto yang memperlihatkan suasana kebaktian umat kristiani di halaman masjid viral di media sosial. Dalam foto yang diunggah oleh pengguna akun Facebook Jeferson Goeltom tersebut, kebaktian tutup peti berlangsung di pelataran Masjid Darusalam Cempaka Baru, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Terkait hal ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ikut memberikan tanggapan. Saat menunaikan ibadah salat Jumat di masjid tersebut, Lukman bersyukur bahwa para jamaah dan jajaran pengurus masjid mampu menunjukkan sikap toleransi yang tinggi terhadap umat beragama lain. Menurutnya, hal itu sudah sesuai mencerminkan arti dari nama masjid itu sendiri.

"Ini sungguh menyejukkan, ini sesungguhnya pengamalan ajaran Islam yang menebarkan damai," tutur Lukman melalui siaran pers seperti dilansir dari Republika, Senin (2/9). "Masjid ini bernama Darussalam (Kampung Damai), Subhanallah."

Menurut Lukman, mungkin bagi para jamaah dan pengurus masjid membiarkan umat kristiani melakukan peribadatan di halaman masjid mereka adalah hal yang biasa sebagai wujud toleransi. Namun, belum tentu hal ini dianggap biasa bagi masyarakat luas. Lukman mengapresiasi tingginya toleransi yang ditunjukkan dari kejadian tersebut.


"Ini amat sangat menyejukkan," terang Lukman. "Bahwa Islam di Indonesia seperti ditunjukkan takmir Masjid Darussalam adalah Islam yang senantiasa menebarkan damai dan rahmat bagi sesama."

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darussalam, Muhammad Hari Casmo mengungkapkan bahwa pihak keluarga almarhum sempat meminta izin padanya. Pihak keluarga dari umat kristiani tersebut menemui DKM untuk meminta izin menggunakan halaman masjid untuk tempat menggelar kebaktian.

Alasannya, gang menuju rumah duka terlalu sempit sehingga tidak memungkinkan peti jenazah keluar atau masuk dengan mudah. Bukan karena niat macam-macam, ia menyatakan bahwa dirinya memperbolehkan hal itu adalah karena ingin saling membantu sesama umat beragama.

"Selaku pengurus masjid, saya persilakan menggunakan halaman masjid untuk peribadatan tersebut," tutur Muhammad. "Kita niatnya lillahi ta'ala semata karena saling membantu sesama merupakan hal baik, termasuk dengan pemeluk agama lain."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait