Rudiantara Bangun Palapa Ring di Kalimantan Siapkan Jaringan Internet Ibu Kota Baru
Nasional

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ingin agar akses internet di lokasi ibu kota baru nantinya tidak kalah dengan seperti yang ada di Jakarta sekarang ini.

WowKeren - Berbagai persiapan dilakukan pemerintah untuk memastikan fasilitas yang dibutuhkan di lokasi ibu kota baru. Salah satunya menyiapkan jaringan internet. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa pihaknya memiliki konsep untuk membangun Kalimantan Ring sebagai upaya persiapan pemindahan ibu kota.

"Pemikiran digital salah satunya disiapkan untuk perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur," kata Rudiantara di Nunukan, Sabtu (31/8). "Pemerintah Kemenkominfo beserta teman-teman operator sedang merancang jaringan yang baru di Kalimantan."

Ia menjelaskan bahwa saat ini jika masyarakat Nunukan ingin mengakses internet internasional, traffic datanya harus dibawa terlebih dahulu ke Jakarta, Singapura, atau wilayah lainnya. Dengan hadirnya Kalimantan Ring, akses internet akan lebih cepat. "Kalimantan Ring di Indonesia, meningkatkan kehandalan internet di Kalimantan," tutur Rudiantara.


Rudiantara mengatakan bahwa fasilitas jaringan tersebut dipastikan akan siap sebelum pemerintah memboyong para Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia memperkirakan selama 5 hingga 10 tahun ke depan, Kalimantan akan memiliki gateway untuk traffic data sendiri.

Kalimantan Ring akan memungkinkan warga di sana mendapatkan layanan akses internet yang lebih cepat. Kemungkinan, lokasi pembangunan Kalimantan Ring akan berpusat di pulau paling ujung seperti Nunukan.

Ia ingin agar ke depannya kekuatan internet di calon ibu kota baru tak kalah dengan seperti yang ada di Jakarta sekarang ini. "Ini sudah disiapkan, dilaporkan di rapat terbatas kabinet. Menjadikan Kalimantan itu kehandalannya tidak kurang dari seperti di Jakarta," imbuh Rudiantara.

Pemerintah sebelumnya telah meluncurkan Palapa Ring di wilayah Barat, Tengah, dan Timur. Distrik Agats Kabupaten Asmat, Papua menjadi kota pertama yang menikmati jaringan internet menggunakan fasilitas Palapa Ring Paket Timur.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait