Kampanyekan Persaudaraan Untuk Papua, Video Ini Tuai Tawa Warganet
SerbaSerbi

Insiden rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang pada pertengahan Agustus 2019 lalu membuat masyarakat Indonesia kompak berusaha menjalin kembali tali persaudaraan dari Sabang sampai Merauke.

WowKeren - Insiden rasisme yang menyasar sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang pada bulan lalu masih hangat dibicarakan. Apalagi karena kejadian itu berujung pada beberapa peristiwa, seperti kerusuhan hingga wacana referendum.

Sejak mencuatnya insiden rasisme itu, masyarakat Indonesia juga tampak berlomba-lomba menunjukkan rasa cinta mereka kepada warga Papua. Terbukti dari berbagai kampanye dan aksi yang meminta agar persaudaraan dari Sabang sampai Merauke kembali terjalin.

Berbagai bentuk kampanye dilakukan, salah satunya lewat video. Seperti video yang diunggah oleh warganet Twitter dengan akun @handokotjung berikut ini.

Lewat akun Twitter-nya, Handoko mengunggah sebuah video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalin kembali tali persaudaraan. Hanya saja, video berdurasi 1 menit 45 detik itu dikemas dengan alur komedi yang sukses membuat warganet tertawa.

Awalnya tampak seorang pemuda Papua yang berdiri di depan rumah sembari memanggil ibunya. Tak lama sang ibunda keluar dan mereka saling mengungkapkan kerinduan satu sama lain.

Sang ibunda pun bertanya, kesuksesan seperti apa yang telah diraih putranya di tanah rantau. Saat itulah sang pemuda memamerkan harta benda yang ia bawa, salah satunya sebuah mobil.

Yang tak disangka, sang ibu langsung "menembak" dengan pertanyaan seputar calon istri. Seketika pertanyaan itu sukses membuat sang pemuda menangis.


Rupanya ia sudah gagal membawa calon istri untuk diperkenalkan kepada sang ibunda. Kocaknya, sang pemuda lalu menjelaskan "kronologi" kegagalannya. Di segmen inilah tampil momen komedi yang sukses membuat warganet tertawa.

"Theo bertemu orang Aceh, tapi orang Aceh bilang, orang Papua itu saudaranya," ujar sang pemuda dengan nada berapi-api. "Theo bertemu orang Betawi, mereka bilang, sodare!"

"Theo bertemu orang Jawa, mereka bilang, sedulur!" lanjutnya. "Theo bertemu orang Ambon, mereka bilang Kitorang basudara."

Twitter

Cerita ini pun membuat sang ibunda terheran-heran. "Lalu masalahnya di mana?" tanya sang ibu.

"Mama bilang sama Theo, kalau Theo tidak boleh menikah dengan saudara," jawabnya. "Ini dari Sabang sampai Merauke semua saudara. Lalu, Theo menikah sama siapa?"

Bagian ini pun yang paling ramai dibicarakan oleh warganet. Mulai dari menyinggung sejumlah artis hingga "curhat colongan" lantaran kerap diberi pertanyaan serupa.

"Emak2 dari Sabang sampe Merauke ternyata sama saja. Kalau anak pulang merantau, yang ditanya sudah punya calon belum?" cuit @bel***ch. "Dek @zaraJKT48 kita ini memang saudara setanah air tapi boleh kok kalo kita nanti menikah. Tunggu abang pulang ya dek," imbuh @abra*******iaz.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel