Antisipasi Demo Saat Pelantikan, Anggota DPR Diminta Datang Jam 7 Pagi
Nasional

Berdasarkan agenda yang telah ditetapkan, prosesi acara akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB namun untuk mengantisipasi aksi demo, anggota DPR diminta untuk datang lebih pagi.

WowKeren - Hari ini, Selasa (1/10) merupakan agenda pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD periode 2019-2024. Proses pelantikan akan dilakukan di Gedung Nusantara Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI mulai pukul 10.00 WIB.

Pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung. Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengungkapkan dalam acara pelantikan tersebut akan hadir pula Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Indra mengimbau para anggota DPR RI terpilih yang akan mengikuti pelantikan agar datang lebih pagi. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya demo.

"Sarapan pagi dan persiapan lainnya, kami siapkan di sini," kata Indra dilansir dari Antara, Selasa (1/10). "Semua acara, kami upayakan tetap sesuai jadwal."


Sebelumnya, polisi menyatakan akan mengerahkan sebanyak 6.000 personel untuk mengamankan jalannya acara tersebut. Para aparat keamanan itu tak hanya ditempatkan di Gedung MPR/DPR namun juga di Istana Negara dan pusat-pusat perekonomian.

Setelah acara pelantikan selesai, akan dilanjutkan dengan istirahat, salat, makan kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus. Dalam rapat ini akan dibahas agenda yang telah disusun Panitia Pelantikan dari Sekjen DPR RI.

"Bamus juga akan menetapkan sidang paripurna," tutur Indra. "Sementara penetapan pimpinan DPR RI, yang akan dipimpin anggota tertua dan termuda."

Sementara itu untuk penetapan dan pelantikan pimpinan DPR akan dijadwalkan pada sore hari. Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi telah melakukan rekayasa lalu lintas. Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan pola pengamanan di sepanjang rute pengawalan.

"Pelantikan akan tetap dilaksanakan sesuai dengan waktu yang disiapkan," tutur Nasir dilansir dari Liputan 6, Selasa (1/10). Kendaraan yang akan menuju Slipi akan diarahkan ke depan TVRI. Sebab, polisi akan menutup Jalan Gatot Subroto yang ada persis di depan pintu Gedung DPR/MPR.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait