Heboh Tanah Berasap Keluarkan Bau Menyengat di Jombang, Bisa Matangkan Telur Ayam
SerbaSerbi

Warga Dusun Gedangan, Kabupaten Jombang, digegerkan dengan fenomena tanah berasap di sekitar pekarangan kosong. Kondisi suhu tanah yang panas membuat warga khawatir.

WowKeren - Warga Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang dihebohkan dengan fenomena tanah mengeluarkan asap. Tak hanya itu, tanah yang berasap tersebut juga mengeluarkan bau yang menyengat menyerupai tetes tebu.

Kejadian itu pertama kali diketahui pada Minggu (13/10). Warga yang mencium bau menyengat segera mencari lokasi sumber bau tersebut. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh salah seorang warga, Hanafi.

"Sejak tadi malam keluar asap," kata Hanafi, Senin (14/10). "Baunya kayak bau tebu terbakar."

Bau tersebut keluar dari tanah di pekarangan kosong yang berada di dekat rumahnya. Warga yang penasaran pun akhirnya mencoba untuk mengorek tanah dengan menggunakan kayu. Hanafi menuturkan bahwa tanah tersebut memiliki tekstur yang berbeda dengan tanah lain di sekitarnya.


Kondisi tekstur yang berbeda tersebut membuat tanah itu sulit ditanami. "Sudah lama tanah ini tidak bisa ditanami apa-apa, kayak tanah mati dan dulu di bawahnya tanah pasir," lanjut Hanafi.

Hanafi menuturkan bahwa suhu tanah tersebut cukup panas sehingga membuat warga khawatir. "Tanahnya panas, ga kuat kalau dipegang tangan. Kami khawatir ada hal-hal yang tak kami inginkan," ujarnya.

Sementara itu warga yang lainnya, Abdul Muis, melakukan uji coba terhadap tanah tersebut. Ia memendam telur ayam sedalam 30 cm ke tanah. Setelah kurang lebih setengah jam lamanya, ia pun mengeluarkan telur dari dalam tanah. Hasilnya, telur yang tadinya mentah sudah berubah matang.

"Ini telurnya bisa matang," tutur Abdul dilansir dari Berita Jatim, Senin (14/10). "Padahal saat ditanam masih mentah. Karena selain mengeluarkan asap, tanah ini juga berhawa panas."

Kepala Bidang Wasdal Gakkum DLH Kabupaten Jombang Yuli Inayati memperkirakan bahwa penyebab tanah tersebut bersuhu tinggi karena adanya tiang listrik di sebelahnya. "Kayaknya karena faktor hantaran listrik dari tiang di sebelahnya. Itu yang mungkin mengakibatkan panas sehingga ada bau terbakar," kata Yuli.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait