Zulkifli Hasan Bandingkan Parlemen Kini dan Sebelumnya: Dulu Kita Setahun Nggak Kerja
Nasional

Menurut mantan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, kondisi parlemen yang dulu berbeda dengan yang sekarang. Menurutnya, anggota parlemen saat ini lebih tertib.

WowKeren - Mantan Ketua MPR RI Zukifli Hasan membandingkan kondisi parlemen kini dan periode sebelumnya. Menurutnya, parlemen yang ada saat ini lebih rajin ketimbang anggota parlemen periode 2014-2019.

Ia menuturkan bahwa di periode sebelumnya, anggota parlemen bahkan tidak bekerja selama satu tahun lamanya. Sedangkan parlemen yang sekarang, mereka sudah mulai bekerja mulai hari pertama.

"Parlemen sekarang dibanding yang dulu, dulu kita satu tahun nggak kerja," kata pria yang akrab disapa Zulhas tersebut di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (14/10). "Sekarang hari pertama, kedua bekerja. DPR tertib, lancar, nggak ada voting-votingan, kemudian MPR lancar."

Ia kemudian menyinggung peran Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang berusaha merangkul semua partai politik. Hal itu membuahkan hasil dimana MPR tak lagi mengenal istilah koalisi dan oposisi. Sehingga semuanya sama.


"Di MPR itu nggak ada lagi koalisi, satu, sama. Mulai dari PDIP sampai PPP," tutur Zulhas. "Semua musyawarah, tentu ini karena peran pak presiden yang kemarin semua setelah Pemilu dirangkul, baik yang besar atau yang kecil."

Ia kemudian mencontohkan mekanisme pembagian tugas pimpinan MPR. Hal itu dilakukan dengan musyawarah mufakat.

"Waktu kami bagi tugas, nggak ada yang berebut. Alhamdulillah, itulah yang ingin kita hadirkan di republik ini," terang Zulhas. "Tujuan kita agar rakyat sejahtera, agar kehidupan lebih baik. Oleh karena itu, saya sampaikan ke presiden sama-sama agar sukses lima tahun ke depan."

Sementara itu terkait pertemuannya dengan Jokowi, Zulhas menuturkan bahwa mereka membahas amandemen UUD 1945. "Kita singgung bagaimana Indonesia ke depan, 50 tahun, 100 tahun, pak presiden tanya apa mengenai amandemen terbatas itu. Apakah nanti presiden itu dimandatoris MPR. Itu nggak," ujar Zulkifli.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru