WNA Swedia Berhasil Ditemukan Usai Tersesat 22 Hari Di Hutan Raja Ampat
Nasional

Warga Negara Asing asal Swedia akhirnya berhasil ditemukan setelah dinyatakan hilang selama 22 hari di hutan konservasi Misool Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

WowKeren - Warga Negara Asing (WNA) asal Swedia Aurelien Robert akhirnya berhasil ditemukan setelah sempat dinyatakan hilang di hutan konservasi Misool Kabupaten Raja Ampat Papua Barat. Kini Aurelien telah tiba di Kota Sorong pada Selasa (15/10).

Sebelumnya Aurelien sempat dinyatakan hilang setelah tersesat selama 22 hari di dalam hutan. Akibatnya, kini kondisi kesehatan Aurelien terlihat memprihatinkan saat ditemukan dikarenakan tidak memiliki persediaan makanan.


Aurelien dievakuasi oleh tim Rescue Basarnas Sorong dari Kampung Atkari Distrik Misool Utara Kabupaten Raja Ampat. Ia kemudian dibawa di Kota Sorong dengan menggunakan helikopter milik Basarnas Kota Sorong dan mendarat di Bandara Deo Sorong.

Setibanya di Sorong, Aurelien langsung dibawa ke RS Pertamina Sorong dengan menggunakan mobil ambulans untuk menjalani pemeriksaan kesehatan (rikkes). Rescuer Basarnas Sorong Muslikun S mengatakan jika pihaknya tidak mengalami kendala apapun selama proses evakuasi Aurelien.

"Bersyukur cuaca juga bagus dan semuanya berjalan dengan lancar, tidak ada halangan yang berarti," jelas Muslikun saat ditemui awak media di RS Pertamina Sorong. "WNA tersebut langsung kami bawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan."

Menurut Muslikun, kondisi Aurelien terlihat sangat keletihan karena sudah sekitar 13 hari lebih tidak makan dengan baik. Tak hanya itu, di tubuh Aurelien juga ditemukan sejumlah luka-luka.

Basarnas Sorong sendiri langsung melakukan pencarian terhadap WNA Swedia ini setelah dinyatakan hilang. Pihaknya langsung melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan tim Basarnas untuk melakukan pencarian.

Aurelien sendiri sedang melakukan perjalanan wisata di Kabupaten Raja Ampat seorang diri. Berdasarkan keterangan dari Aurelien, dirinya masuk ke dalam hutan konservasi Misool mulai tanggal 24 September 2019 lalu.

Di mana estimasinya, harusnya ia berada di dalam hutan dan tiba di Kampung Atkari selama 1 minggu. Namun karena tersesat, maka WNA tersebut berada didalam hutan selama kurang lebih 22 hari.

Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Klas II Sorong Cun Sudiharto mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Aurelien Robert, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dokumen bersama Polres Raja Ampat. Hal ini untuk menentukan bagaimana tindak lanjutnya dalam memulangkan Aurelien.

You can share this post!

Related Posts
Loading...