Istana Siapkan Fasilitas Untuk Tamu Negara Yang Hadiri Pelantikan Jokowi
Instagram
Nasional

Istana Negara akan menyiapkan berbagai fasilitas bagi tamu negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia Jokowi-Ma'ruf Amin.

WowKeren - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Republik Indonesia Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan digelar pada Minggu (20/10) mendatang. Mendekati hari pelantikan, pihak Istana Negara telah mempersiapkan fasilitas bagi tamu-tamu negara yang akan menghadiri acara tersebut.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan jika pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas yang dinilai terbaik untuk menyambut tamu-tamu acara pelantikan Presiden Jokowi. Fasilitas yang disiapkan meliputi sejumlah kendaraan dan berbagai akomodasi penginapan.

"Kami pihak istana sudah siapkan kendaraan terbaik untuk semua tamu negara berikut rangkaiannya," jelas Heru saat dikonfirmasi pada Rabu (16/10). "Begitu juga hotel dan lain-lain."

Pelantikan ini juga menjadi perhatian khusus bagi Sekretariat Presiden dan Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang telah menggelar rapat demi kelancaran acara. Rapat tersebut membahas bagaimana keamanan pelantikan menjadi pembahasan yang paling disoroti. "Terutama keamanan. Tentu mempersiapkan tamu kepala negara yang akan hadir," kata Heru.


Jumlah tamu negara yang menghadiri pelantikan Jokowi sebelumnya telah dikonfirmasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini, pelantikan akan dihadiri oleh dua kepala negara hingga 157 duta besar asing yang mewakili sejumlah negara lainnya.

"Dua kepala negara, empat kepala pemerintahan, sembilan utusan khusus," kata Bamsoet pada Rabu (16/10). "Dan 157 lebih duta besar yang diundang dan akan hadir di pelantikan presiden 20 Oktober mendatang."

Keamanan juga akan dilakukan oleh sejumlah tim gabungan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan akan bertanggung jawab memastikan bahwa situasi keamanan jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf kondusif.

Bamsoet menjelaskan jika ketiga pimpinan keamanan tersebut dinilai dapat mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan jelang dan selama pelantikan. Sementara itu Bamsoet mengatakan jika dirinya dan sembilan pimpinan MPR telah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta guna menyampaikan proses persiapan upacara pelantikan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, serta Fadel Muhammad. Lebih detail, pertemuan ini juga membahas soal konsultasi, pencocokan jadwal, serta hal-hal teknis lainnya saat proses pelantikan.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru