Intip Jadwal Seleksi CPNS 2019, Tersedia 197.117 Bukaan Formasi
Nasional

Instansi pusat membuka sebanyak 37.854 formasi meliputi 74 kementerian atau lembaga. Sedangkan instansi daerah membuka 159.257 formasi yang meliputi 467 pemerintahan daerah.

WowKeren - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Pemerintah rupanya membuka sebanyak 197.117 formasi CPNS untuk tingkat pusat dan daerah.

Sebagai rincian, instansi pusat membuka sebanyak 37.854 formasi meliputi 74 kementerian atau lembaga. Sedangkan instansi daerah membuka 159.257 formasi yang meliputi 467 pemerintahan daerah.

BKN menjelaskan bahwa ada 2 formasi yang dibuka, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus ini ditujukan untuk lulusan cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat.

Berdasarkan siaran pers BKN, terdapat 4 formasi yang memiliki alokasi kursi terbesar pada CPNS 2019. Yang pertama adalah guru sebanyak lebih dari 63 ribu formasi.

Yang kedua adalah tenaga kesehatan seperti bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan lainnya yang tersedia sekitar 31 ribu formasi. Sedangkan yang ketiga adalah tenaga teknis fungsional sebanyak 23 ribu formasi.


Lalu yang keempat adalah tenaga teknis lainnya dengan 28 ribu formasi. "Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019," demikian bunyi siaran pers tersebut dilansir pada Jumat (18/10).

Nantinya, pengumuman pendaftaran akan diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Lalu pengumuman akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi online pada November 2019.

Hasil seleksi administrasi nantinya akan diagendakan pada Desember 2019. Lalu dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020.

SKD sendiri akan dilaksanakan pada Februari 2019. Hasil SKD dijadwalkan rilis pada Maret 2020 yang diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi sendiri dijadwalkan pada April 2020 mendatang.

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 ini membuat media sosial resmi BKN dibanjiri komentar warganet. Banyak warganet yang berharap agar tahun ini mereka berhasil lolos proses rekrutmen CPNS dan menjadi abdi negara.

"Ya Allah..semoga rejeki tahun ini lulus asn.amiiiinn ya Allah amiiinn," komentar akun @or***ji. "Semoga ada keajaiban dan keberuntungan di cpns ini. Jangan kasih kendor , semangat dan terus kencangkan otak maupun fisik," timpal akun @st***ti. "Terima kasih, Admin. bismillah, tahun depan jadi ASN~ Aamiin.," tambah akun @wo***ds.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait