Andi Sinulingga Kritik Pedas Airlangga Hartarto Yang Temui Kader Golkar Di Kantor Kementerian
Nasional

Airlangga Hartarto diketahui menemui kader Partai Golkar di kantor kementeriannya pada Selasa (29/10) kemarin. Tindakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini dikritik oleh anggotanya sendiri, Andi Sinulingga.

WowKeren - Airlangga Hartarto baru saja didaulat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Akan tetapi, Ketua Umum Partai Golkar ini baru saja dikritik oleh salah satu anggota partainya yakni Andi Sinulingga.

Mantan Menteri Perindustrian ini dikritik karena kedapatan bertemu dengan sejumlah kader Golkar di kantor kementerian. Andi Sinulingga kemudian mengkritik tindakan pimpinannya itu dengan mengatakan bahwa Airlangga semestinya tidak menggunakan kantor kementerian untuk pertemuan partai.

Menurut Andi, Airlangga seharusnya meminta mereka datang ke rumah atau Kantor DPP Golkar. Selain itu, dia berpendapat bahwa semestinya Airlangga memberikan edukasi etika politik kepada para kader muda Golkar.

"Penggunaan fasilitas publik untuk kepentingan yang tidak semestinya memang jadi masalah negara ini," kata Andi. "Pemimpin harus memberi contoh. Anak-anak muda itu enggak salah, karena disuruh datang ke situ, ya mereka ke situ."

Andi pun meminta Airlangga sensitif terhadap persoalan semacam ini. Apalagi, saat ini kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi kian menurun. Ia menganggap tindakan Airlangga tersebut dapat membuat kepercayaan publik terhadap pemerintah makin menurun.


Oleh karena itu, Andi menyarankan agar Airlangga meminta maaf atas tindakannya tersebut. "Idealnya, (Airlangga) minta maaf. Begitu akan lebih respect rakyat melihat kita," tuturnya.

Sebelumnya, pada Selasa (29/10) Airlangga Hartarto menerima kedatangan sejumlah politikus muda Golkar di kantor kementerian. Beberapa yang hadir di antaranya Wakil Ketua Umum Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), organisasi sayap Golkar, Jerry Sambuaga yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, serta Dyah Roro Esti Widya Putri, anggota DPR yang juga putri politikus Golkar Satya Yudha.

Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pertemuan itu membahas agenda lain di luar urusan Kementerian Bidang Perekonomian. "Agenda Golkar mau?" jawab Airlangga ketika ditanya wartawan mengenai agenda sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian untuk ke depannya.

Andi Sinulingga sendiri diketahui merupakan kader Golkar yang menantang Airlangga di Munas Golkar pada Desember 2019 dab sekubu dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Dia pernah menghadiri pertemuan kubu Bamsoet di Hotel Sultan, Jakarta, pada 4 September 2019. Beberapa orang yang juga hadir dalam pertemuan tersebut antara lain oleh Nusron Wahid, Robert J. Kardinal, dan Darul Siska.

Bamsoet sendiri diketahui masih mengincar kursi Ketua Umum Golkar meski sudah menjabat Ketua MPR. Pada awalnya, jabatan Ketua MPR dibarter dengan pencalonan Ketua Umum Golkar. Akan tetapi, setelah jabatan Ketua MPR di tangan, Bamsoet belum memastikan dirinya akan mundur dari pencalonan Ketua Umum Golkar. Dalam sejumlah kesempatan, Bamsoet mengatakan sikapnya atas Munas Golkar mendatang masih rahasia.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru