Gibran Angkat Bicara Soal Jadi Cawalkot Solo Lewat Jalur 'Bypass'
Nasional

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, sempat memberikan sindiran pedas lantaran Gibran yang dinilai mengambil jalur 'bypass' demi mencalonkan diri di Pilwalkot 2020.

WowKeren - Rencana putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Wali Kota Solo terus menjadi pembahasan. Apalagi Gibran sempat menuai sindiran pedas dari Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo, lantaran mengambil jalur bypass demi bisa mencalonkan diri di Pemilihan Wali Kota Solo.

Menanggapi tudingan tersebut, Gibran pun angkat bicara. Ia memastikan sudah mengikuti semua tahapan demi bisa meraih keinginannya menduduki kursi Solo 1. "Semua ada tahapannya, saya konsultasi dengan semua senior," ungkap Gibran di Solo, Selasa (12/11).

Sebagai bukti, Gibran mengaku langsung menemui Rudy untuk berkonsultasi perihal tata cara pendaftaran sebagai Cawalkot lewat PDIP. Kala itu ia disarankan untuk segera mendaftar sebagai kader, meski belakangan langkahnya terlambat karena DPC PDIP Solo ternyata telah menunjuk calon yang akan mereka usung. "Ketika saya tahu pendaftaran sudah tutup, ya sudah, saya tidak protes," katanya.

Namun tekad Gibran tak pudar. Ia pun melanjutkan "safari"nya demi mencari petunjuk dari tokoh-tokoh PDIP lain.

Pemilik beberapa usaha startup di bidang kuliner ini pun melakukan konsultasi dengan beberapa pihak. Seperti Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurutnya semua pihak tersebut memberikannya lampu hijau dan "celah" agar tetap bisa mencalonkan diri di Pilwalkot.


"Pak Rudy tidak saya lompati," tegas Gibran, dilansir dari Kabar 24. "Saya sampaikan, 'Bapak, Ibu, saya masih ada kesempatan atau tidak untuk mendaftar?' Jawabannya bisa."

"Pak Bambang Pacul bilang bisa, Mbak Puan juga kasih statement bisa," imbuhnya. "Bu Mega juga memberikan saya satu bendel peraturan partai, masih bisa."

Kendati pendaftaran di DPC PDIP Solo telah tutup, Gibran mengaku masih punya kesempatan dengan mendaftar di DPD PDIP Jawa Tengah. Namun demikian, ia akan selalu berkonsultasi dengan para senior sebelum mengambil langkah.

"DPC kan sudah tutup, bisa daftar di Semarang (DPD). Nanti tunggu pendaftaran dibuka," ungkapnya. "Ini kan saya masih baru banget di PDIP. Apapun langkah saya, saya konsultasikan ke senior."

Gibran juga memastikan bahwa hubungannya dengan Rudy maupun bakal cawalkot Solo, Achmad Purnomo, berjalan baik. Ia pun mengaku siap ditegur, bahkan dimarahi, apabila memang ada langkahnya yang kurang tepat atau berkenan di hati para seniornya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait