DPR Pertimbangkan Bentuk Panja Demi Awasi Seleksi CPNS 2019
Nasional

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang mempertimbangkan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) khusus demi mengawasi proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

WowKeren - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah resmi dibuka pada Senin (11/11) lalu. Kini Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang mempertimbangkan untuk membentuk panitia kerja (Panja) terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam waktu dekat ini.

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menjelaskan alasan pembentukan Panja ini. Menurut Doli, Panja akan dibentuk demi mengawasi proses seleksi CPNS 2019 dan juga untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer yang ada dalam birokrasi pemerintah.

"Tadi ada usulan juga dari anggota untuk kita mau mendorong dibentuk Panja berkaitan ini," kata Doli di Kompleks MPR/DPR, Jakarta pada Senin (18/11). "Mungkin judulnya Panja ASN ya, yang fungsinya mengawasi jalannya penerimaan seleksi CPNS, dan menyelesaikan masalah tenaga-tenaga eks honorer itu."

Pembentukan Panja ini akan dilakukan setelah DPR melihat banyaknya persoalan yang berkaitan dengan aparatur negara dan birokrasi di Indonesia. Salah satu permasalahannya adalah terkait meningkatnya tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintah dimana saat ini sudah mencapai ratusan ribu orang.


Menurut Doli, permasalahan tersebut sangat kontradiktif saat ini. Hal ini lantaran pemerintah justru sedang fokus membuka seleksi CPNS 2019 daripada menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tak hanya itu, Panja juga diharapkan dapat mengawasi seleksi CPNS 2019 agar tidak bermasalah di kemudian hari. Terlebih selama ini proses seleksi CPNS dinilai selalu mengundang kontradiksi dari tahun ke tahun.

"Termasuk BKN mau menerima CPNS, ini agak kontradiktif, di satu sisi tenaga honorer banyak, tapi dibuka juga CPNS," ujar Doli. "Supaya seleksi CPNS bisa berjalan baik dan tak ada yang kontradiktif yang mengikutinya."

Panja ASN ini ditargetkan akan selesai dibentuk usai reses DPR yang akan dilakukan pada 12 Desember hingga awal Januari tahun 2020 mendatang. Tak hanya akan membentuk Panja ASN, DPR juga kedepannya bersiap untuk membentuk Panja persiapan pemilu menjelang Pilkada pada 2020 mendatang.

"Kita punya rencana membentuk beberapa panja di internal Komisi II," jelas Doli. "Hari ini soal panja ASN, kemudian bisa jadi panja persiapan pemilu (pilkada)."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru