Akibat Kasus Manipulasi Voting 'Produce X 101', CJ ENM Bakal Dikenai Hukuman Dan Denda Ratusan Juta
TV

Komisi Standar Komunikasi Korea (KOSC) berencana untuk memberikan hukuman kepada CJ ENM karena dianggap melanggar peraturan siaran. Hal ini terkait dengan Manipulasi Voting dalam acara 'Produce X 101'.

WowKeren - Proses hukum akibat manipulasi voting seri "Produce" masih terus berlanjut hingga kini. Pada Selasa (3/12), diketahui jaksa pengadilan resmi mengumumkan jika keempat seri "Produce" telah dimanipulasi. Dalam pengadilan tersebut, mereka mendakwa 8 orang terlibat dalam manipulasi tersebut, termasuk PD Ahn Joon Young.

Kasus ini pun berimbas pada CJ ENM yang bertanggung jawab terhadap penyiaran ajang survival tersebut. Dilansir dari allkpop pada Kamis (5/12), Komisi Standar Komunikasi Korea (KOSC) mengatakan bahwa pihaknya berniat untuk menghukum CJ ENM karena telah melanggar peraturan siaran melalui "Produce X 101" yang ditayangkan di Mnet.

Hal ini karena menurut KOCSC, CJ ENM telah meminta untuk menunda kesaksian mereka di hadapan dewan KOCSC mengenai kasus manipulasi voting di ajang "Produce X 101". Pihak CJ ENM meminta penundaan kesaksian dengan alasan bahwa saat ini tidak ada orang yang bisa untuk memberikan kesaksian.


Pihak KOCSC sendiri bermaksud untuk memantau dengan cermat mengenai pembaruan polisi terkait investigasi mereka terhadap kasus seri "Produce". Hal ini dilakukan untuk menentukan tingkat keparahan hukuman yang akan mereka kenakan terhadap CJ ENM.

Tak hanya itu, Mnet juga akan menghadapi hukuman termasuk sanksi pembatasan siaran. Salah satu stasiun televisi kabel Korea Selatan milik CJ Media itu juga akan dikenai denda sekitar 10 - 30 Juta Won (sekitar Rp 117 juta - 355 juta).

Sebelumnya, pada Selasa (3/12), Mnet merilis permintaan maaf soal manipulasi voting yang terjadi dalam program yang mereka tayangkan itu. Dalam kesempatan tersebut, mereka juga berjanji akan bertanggung jawab kepada semua pihak yang dirugikan termasuk segera mengumumkan nasib IZ*ONE dan X1.

Sementara itu, kasus ini bermula ketika PD Ahn Joon Young dilaporkan telah mengakui bahwa dirinya telah memanipulasi peringkat "Produce 48" dan "Produce X 101". Tak hanya itu, ia juga mengakui bahwa dirinya telah memanipulasi sebagian dua seri pertama "Produce".

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel