Jaksa Ungkap Semua Member X1 dan IZ*ONE, 1 Personel Wanna One Debut Hasil Manipulasi Voting
TV
Manipulasi Voting Seri Produce

PD Ahn Joon Young, CP Kim Yong Bum dan seorang lagi yang tidak disebutkan namanya berkumpul untuk menentukan 12 member IZ*ONE dan 11 member X1 tanpa peduli dengan hasil voting.

WowKeren - Sebuah laporan mengejutkan kembali terungkap berkaitan dengan manipulasi voting seri "Produce". Pada Kamis (4/12), media setempat melaporkan jika jaksa telah mengungkap semua member X1 and IZ*ONE serta 1 member Wanna One berhasil debut karena manipulasi voting.

Menurut laporan dakwaan yang diajukan oleh anggota majelis Ha Tae Kyung ke Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul, PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum bertanggung jawab untuk memilih 12 member IZ*ONE dan 11 member X1 tanpa pertimbangan voting penonton. PD Ahn Joon Young juga disebut memilih 1 member Wanna One ke dalam grup saat voting penonton jelas menunjukkan jika member itu tidak termasuk dalam line up debut.

Berdasarkan surat dakwaan itu, PD Ahn Joon Young, CP Kim Yong Bum dan seorang lagi yang tidak disebutkan namanya berkumpul di ruang konferensi gedung utama CJ Entertainment pada 17 Juli untuk memutuskan 11 member yang akan debut di X1 serta peringkat terakhir mereka. Episode final "Produce X 101" ditayangkan 2 hari setelah pertemuan itu tepatnya pada 19 Juli. Mereka juga menukar peringkat trainee selama ronde ketiga voting.

Serangkaian tindakan yang sama juga terjadi pada Agustus 2018. Sebelum episode terakhir "Produce 48", PD Ahn Joon Young, CP Kim Yong Bum dan seorang lagi yang tidak disebutkan namanya berkumpul dan memilih 11 member yang akan debut sebagai member IZ*ONE serta memberi peringkat mereka tanpa pernah mempertimbangkan voting penonton, mengeluarkan trainee asli penghuni Top 12 yang tidak mereka inginkan untuk debut.


Terakhir, terungkap 1 member Wanna One ternyata dinaikkan peringkatnya oleh PD Ahn Joon Young yang membuatnya bisa debut. PD Ahn Joon Young menukar peringkat trainee "C" dan trainee "D", mengeluarkan trainee "C" dari line up debut Wanna One saat hasil voting jelas menunjukkan ia seharusnya berada di Top 11 dan menempatkan "D" sebagai gantinya.

Juga di babak pertama eliminasi, PD Ahn Joon Young menukar trainee "E" dan "F", di mana "E" seharusnya menjadi salah satu trainee yang tereleminasi. Ia juga menukar peringkat 4 trainee selama "Produce 101" season 1, menempatkan 2 trainee yang seharusnya dieliminasi di babak pertama ke Top 60.

Jaksa penuntut juga mengungkap kolusi antara tim produksi dan eksekutif dari agensi yang tidak disebutkan namanya. Dari Januari 2018 hingga Juli 2019, PD Ahn Joon Young menerima 46,83 juta won (sekitar Rp 553 juta) dari 5 eksekutif dari 4 agensi hiburan dengan imbalan penampilan mereka di "Produce X 101" dan "Produce 48", serta pengeditan yang menguntungkan selama program.

Laporan juga menyebutkan jika CJ Entertainment pada akhirnya mendapat 124,65 juta won (sekitar Rp 1,47 miliar) dari voting penonton melalui pesan teks selama "Produce X 101" dan "Produce 48".

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts