PAN Soal Peluang Usung Gibran Di Pilkada Solo: Tunggu Usulan Dari Daerah
Nasional

Partai Amanat Nasional (PAN) angkat bicara mengenai peluang mereka dalam mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020.

WowKeren - Gibran Rakabuming Raka telah memastikan untuk terus maju menjadi Calon Wali Kota (Cawalkot) Solo dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Gibran dipastikan maju menjadi Cawalkot Solo lewat jalur partai PDI Perjuangan.

Partai Amanat Nasional (PAN) lantas angkat berbicara mengenai peluang mereka dalam mendukung serta mengusung putera Presiden Joko Widodo tersebut sebagai Cawalkot Solo. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Yandri Susanto menerangkan mekanime dukungan kepada calon kepala daerah.

Yandri mengatakan jika partainya akan menunggu usulan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terkait kemungkinan mendukung Gibran. Pasalnya, sejauh ini DPD PAN Solo masih belum mengusulkan nama calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020 mendatang.

"PAN itu mekanismenya usulan dari daerah, kabupaten atau kota naik ke provinsi baru ke pusat," kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (9/12). "Sampai hari ini, Jawa Tengah itu belum ada yang mengusulkan. Bukan hanya Solo, semua Jawa Tengah belum ada yang mengusulkan."


Yandri juga menegaskan jika PAN sama sekali tidak mempermasalahkan apabila Gibran benar-benar jadi mencalonkan diri sebagai Cawalkot Solo di Pilkada 2020. Terlebih, regulasi yang membahas tentang pencegahan dinasti politik di Indonesia telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Oleh sebab itu, PAN tidak keberatan jika Gibran tetap maju di Pilkada 2020 selama memenuhi segala persyaratan yang diatur. "MK (sudah) memutuskan bahwa boleh, karena itu bertentangan dengan UUD 1945, melarang orang untuk sebagai hak politiknya," ucap Ketua Komisi VIII DPR tersebut.

Sejauh ini, Gibran sudah menerima dukungan dari sejumlah pihak. Dukungan berasal dari 26 organisasi relawan. Tak hanya itu, sejumlah partai politik yakni PKS dan PKB juga telah menyatakan dukungannya.

DPP PKS sebelumnya juga sudah membuka kemungkinan untuk memberikan dukungan kepada Gibran. Presiden PKS Sohibul Iman mempersilakan DPD PKS Surakarta jika ingin mendukung Gibran.

Sementara itu, DPP PKB juga menyatakan dukungannya kepada Gibran dengan mengklaim jika mayoritas warga Solo ingin dipimpin Gibran. Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Reza menilai Gibran memiliki beberapa kelebihan yang dinilai cocok dalam menjabat sebagai wali kota.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait