Ramai Soal Nata de Coco 'Plastik', BPOM Buka Suara
Nasional

Media sosial dihebohkan dengan video yang mengungkapkan adanya kandungan plastik dalam nata de coco. Merespon viralnya video tersebut, BPOM pun memberikan klarifikasinya.

WowKeren - Media sosial tiba-tiba diramaikan oleh video seseorang yang melakukan eksperimen dengan mencoba membuktikan nada de coco terbuat dari plastik. Dalam video tersebut, bisa dilihat jika orng tersebut mengambil potongan nata de coco dari bungkusnya kemudian menekannya di atas kertas atau tisu sampai semua cairan keluar.

Setelahnya, akan terlihat lapisan tipis yang mengkilat dan si pengunggah video mencoba menarik-narik lapisan nata de coco menyebut teksturnya keras, alot, dan mengkilat seperti plastik. "Jangan dimakan ya ibu-ibu bahaya ini," ujar wanita dalam video tersebut. "Jangan dimakan ya ibu-ibu bahaya ini."

Viralnya video nata de coco "plastik" ini rupanya mendapat perhatian dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM pun memberikan klarfikasinya terkait isu nata de coco plastik ini melalui situs resminya www.pom.go.id/.


"Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh," tulis BPOM di situs resminya pada Senin (9/12). "Lapisan yang banyak tersebut juga membuat nata de coco bisa memerangkap cairan."

"Jika ditekan, cairan tersebut akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis," lanjut BPOM. "Lembaran tipis ini lah yang diisukan atau disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik."

Ketika nata de coco kehilangan cairan, maka yang tersisa adalah lapisan dari kumpulan serat tipis. Lapisan ini punya struktur kuat dan tidak mudah hancur. Meski begitu serat tipis ini dapat dikonsumsi. "Badan POM mengajak masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial," tutup BPOM dalam keterangannya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru