Tak Ada Korban Jiwa, Kapal Tol Laut Pengangkut 1.700 Ton Semen Tenggelam di NTT
Nasional

Beruntung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Lembata Paskalis Tapobali menyebut bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden tenggelamnya kapal tersebut.

WowKeren - Sebuah kapal tol laut KM Shimpo 16 tenggelam di sekitar Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Kapal tersebut diketahui mengangkut lebih dari 1.000 ton semen dari Surabaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Lembata Paskalis Tapobali membenarkan kabar tersebut. "Iya benar, ada kapal KM Shimpo 18 tenggelam di sekitar Pelabuhan Lewoleba Selasa sore sekitar pukul 17.00 WITA," katanya dilansir Antara, Rabu (11/12).

Kapal pengangkut semen yang berangkat dari Surabaya tersebut tengah bersandar untuk melakukan pembongkaran barang di Pelabuhan Lewoleba. Namun di tengah aktivitas itu, sebuah kapal lain yang juga hendak bersandar menyenggol kapal itu. Adapun kapal KM Maju 08 diduga hilang kendali kecepatan saat melakukan pengereman hingga menyenggol KM Shimpo 16.

"Namun kapal KM Maju 08 itu diduga bermasalah pada pengereman," kata Paskalis. "Sehingga kecepatan tidak bisa terkendali saat hendak bersandar."


Paskalis menyebut bahwa pada bagian kapal memang tertulis Tol Laut Perintis. Namun berdasarkan informasi yang diperolehnya, kapal yang dulunya tol laut itu sudah difungsikan sebagai kapal kargo.

Beruntung, insiden tenggelamnya kapal tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. "Dari informasi yang kami dapat tidak ada korban jiwa dan semua pelaku sedang dimintai keterangan di Polres Lembata," imbuh Paskalis.

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengatakan bahwa kapal tersebut mengangkut 1.700 ton semen. "Namun ketika muatan baru terbongkar sebanyak 143 ton, terjadi tabrakan sehingga kapal tersebut tenggelam," kata Thomas masih dilansir Antara.

Ia kemudian menjelaskan, KM Maju 8 menabrak bagian lambung kapal sebelah kanan bagian depan. Alhasil, bagian kapal jebol hingga menyebabkan air masuk dengan cepat sehingga mengakibatkan kapal miring dan akhirnya tenggelam.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait