SEA Games 2019 Berakhir, Indonesia Sukses Raih 72 Medali Emas
Nasional

Rangkaian gelaran SEA Games 2019 di Filipina resmi diakhiri lewat closing ceremony yang digelar kemarin (11/12) malam, tepatnya pukul 18.15 waktu setempat. Indonesia sendiri berada di peringkat ke-4.

WowKeren - Gelaran SEA Games 2019 diketahui resmi berakhir pada Rabu (11/12) kemarin. Upacara penutupan pun dilaporkan digelar pada pukul 18.15 waktu setempat di New Clark City Athletic Stadium, Filipina.

Dalam kesempatan itu, berbagai gelaran menarik disajikan untuk seluruh perwakilan negara yang hadir. Acara makin meriah dengan adanya atraksi drone dan konser musik yang sukses memanjakan para penonton.

Dikutip dari Liputan 6, atraksi drone menjadi yang paling menarik perhatian. Pasalnya gawai tersebut beratraksi membentuk formasi berupa bendera Filipina, lalu dilanjut dengan ilustrasi olahraga, dan ditutup dengan tulisan "We Win As One" yang menjadi moto SEA Games tahun ini.

Sejumlah pengisi acara pun hadir memberikan hiburannya. Tak lupa pertunjukan kembang api selama kurang lebih lima menit juga menutup rangkaian gelaran closing ceremony tersebut.


Dengan demikian, perjuangan para atlet Indonesia di SEA Games 2019 juga sudah berakhir. Diketahui Tanah Air berhasil mengakhiri perjuangannya dengan finis di posisi keempat. Dilansir dari CNN Indonesia, Tim Merah Putih dilaporkan berhasil mengoleksi 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu dengan total perolehan 266 medali.

Kendati tak berhasil mengunci posisi di tiga besar, namun apa yang didapat Indonesia ini sudah lebih dari yang ditargetkan pemerintah. Sebab awalnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menargetkan Indonesia berhasil mengoleksi 54 medali emas.

Namun target raihan medali ini sempat dikoreksi oleh Presiden Joko Widodo yang meminta Indonesia bisa mendapat 60 emas. Dengan demikian kontingen Indonesia sukses melewati target medali emas yang ditetapkan sebelum keberangkatan.

Keberhasilan Indonesia ini tentu tak lepas dari sukses beberapa cabang olahraga yang melebihi target. Seperti di antaranya cabor menembak yang sukses menyumbangkan delapan emas ketika hanya ditarget satu.

Namun demikian ada beberapa cabor yang justru gagal memenuhi target medali. Selain itu, SEA Games 2019 ini juga diramaikan dengan sejumlah kejadian. Seperti kisah ironis atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo yang menyabet dua emas di tengah kondisi berduka atas meninggalnya sang ayahanda.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru