Beredar Soal Ujian Siswa SD yang Lecehkan Nabi, Disdik Solok Buka Suara
Nasional

Soal ujian akhir semester 1 SD di Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat jadi sorotan karena memiliki pertanyaan yang dinilai melecehkan Nabi Muhammad SAW. Merespon hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Solok pun memberi klarifikasi.

WowKeren - Warga Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat dihebohkan dengan soal ujian yang dinilai melecehkan Nabi Muhammad SAW. Soal ujian yang dimaksud adalah soal ujian akhir semester I mata pelajaran agama Islam kelas IV SD.

Dalam soal pilihan ganda tersebut diketahui terdapat kejanggalan pada soal nomor 13. Pertanyaan dan pilihan jawaban yang tertera di soal nomor urut 13 berbunyi: "Sikap Nabi Muhammad SAW yang tidak patut kita teladani ?"

  1. Malas Belajar.
  2. Mengerjakan tugas belajar.
  3. Menjaga nama baik sekolah dan guru, dan.
  4. Menjaga nama baik orang tua.

Merespon viralnya postingan tersebut di media sosial, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulkisar memberikan klarifikasi. Ia menjelaskan bahwa terjadi kekeliruan dalam pembuat soal tersebut.


Pasalnya, dalam naskah asli soal tersebut, tidak ada pertanyaan yang dinilai melecehkan Nabi Muhammad SAW. "Naskah asli tidak ada seperti itu. Jadi kekeliruannya sedang kami jajaki," ujar Zulkisar, Rabu (11/12). "Entah ada yang main-main yang mengubah soal."

Dalam naskah asli, soal "bermasalah" tersebut bertuliskan seperti berikut: "Selaku umat Nabi Muhammad SAW patut meneladani sikapnya. Sebagai pelajar, yang tidak patut kita contoh dari penyataan di bawah ini adalah:

  1. Malas Belajar.
  2. Mengerjakan tugas belajar.
  3. Menjaga nama baik sekolah dan guru, dan.
  4. Menjaga nama baik orang tua.

Zulkisar kemudian mengatakan jika pihaknya sudah mendapatkan laporan tentang adanya kekeliruan soal ujian semester kelas IV SD di Kacamatan Junjung Sirih ini. Ia sudah memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan soal seperti pengawas, kepala sekolah, tim guru, dan oknum yang memposting kekeliruan soal ini pertama kali di Facebook. "Setelah kami panggil tadi ada delapan orang, tapi belum terungkap di mana letak kekhilafannya," tutupnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait