Jokowi Lantik Wantimpres Siang Ini, Ada Wiranto Hingga Habib Luthfi
Nasional
Pelantikan Wantimpres 2019

Presiden Jokowi akan melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada Jumat (13/12) siang. Beberapa diantaranya adalah mantan Menkopolhukam Wiranto dan salah satu ulama dari Pekalongan, Habib Luthfi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 9 orang anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) siang ini, Jumat (13/12). Hal ini disampaikan oleh Jubir Presiden Fadjroel Rahman. "Besok siang rencananya pelantikan Wantimpres," ujar Fadjroel kepada wartawan pada Kamis (12/12).

Saat diwawancarai, Fadjroel masih enggan membeberkan siapa saja anggota Wantimpres di pemerintahan Jokowi kali ini. Namun, saat ini diketahui beberapa diantaranya adalah mantan Menkopolhukam Wiranto dan juga Habib Luthfi bin Yahya.


Selain itu, ada juga pengusaha Arifin Panigoro dan Ketua Dewan Pakar Golkar yakni Agung Laksono. Anak Mooryati Soedibyo yakni Putri Kuswisnu Wardhani juga dikabarkan akan menjadi salah satu anggota Wantimpres.

Kabar tersebut diketahui dari penuturan salah satu politikus senior PDIP yakni Sidharto Danusubroto yang menjadi salah satu dari 9 anggota Wantimpres Jokowi. “Yang lain ada Pak Wiranto, Pak Arifin Panigoro, Agung Laksono, dan Putri Kuswisnu Wardani. Yang lain saya belum tahu,” tuturnya.

Sementara itu, kabar didapuknya Habib Luthfi bin Yahya sebagai salah satu Wantimpres Jokowi dibenarkan oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza. "Insyaallah (Habib Luthfi Jadi Wantimpres)," kata Faisol yang dilansir Kumparan pada Jumat (13/12).

Menurut keterangan Faisol, Habib Luthfi ditunjuk menjadi Wantimpres sebagai perwakilan dari Nahdlatul Ulama (NU). "Iya (perwakilan Nahdlatul Ulama)," tutur Faisol singkat kepada wartawan.

Anggota Wantimpres yang sebanyak 9 orang itu nantinya dipimpin oleh 1 orang yang akan menjabat ketua dan merangkap anggota. Hal tersebut diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2006.

Sebelumnya, di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kallla, anggota Wantimpres yaitu Sidarto Danusubroto, Yusuf Kartanegara, Agum Gumelar, Suharso Monoarfa, Jan Darmadi, Abdul Malik Fadjar, Subagyo Hadi Siswoyo, Yahya Cholil Staquf. Sementara itu, Ketua Wantimpres dijabat oleh Sri Adiningsih.

Wantimpres sendiri merupakan lembaga pemerintah nonstruktural Indonesia yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden. Awalnya, Wantimpres dibentuk di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni pada tahun 2007.

You can share this post!

Related Posts