SMA 2020: Sistem Voting Untuk BTS 'Membeku' Dan Error, Fans Tuntut Penjelasan Penyelenggara
Musik

Voting berjalan pada 10 Desember hingga 22 Januari 2020. Namun hanya berselang beberapa hari pasca dibuka periode voting, para penggemar nampaknya mengalami masalah terutama fans Bangtan Boys.

WowKeren - Seoul Music Awards 2020 (SMA 2020) akan kembali digelar pada awal tahun depan. Ajang penghargaan ke 29 ini akan diadakan pada 30 Januari 2020 di Gocheok Sky Dome di Seoul. Tak hanya itu, SMA 2020 akan disiarkan langsung melalui saluran KBS Drama, KBS Joy, dan KBS W.

Pihak penyelenggara pun telah mengumumkan nominasi lengkapnya. Mengikuti hal tersebut, pihak penyelenggara juga menyebutkan bahwa voting akan terbuka di aplikasi seluler resmi dan akan berjalan pada 10 Desember hingga 22 Januari 2020. Setiap pengguna diizinkan untuk mengumpulkan suara per kategori per hari.

Namun hanya berselang beberapa hari pasca dibuka periode voting, para penggemar nampaknya mengalami masalah terutama fans Bangtan Boys (BTS). ARMY (nama fans BTS) telah melangkah sekali lagi meminta penjelasan mengapa sistem voting BTS tidak bekerja sementara suara untuk artis lain masih bekerja dengan sangat baik.

Dua tagar mulai menjadi tren di seluruh dunia dalam hal ini. Tagar berbahasa Korea tersebut berbunyi "SMA_Explanation" untuk eminta penjelasan dari SMA tentang mengapa hasil voting BTS "membeku" selama beberapa jam. Sementara tagar berbunyi "SMA_Manipulation" berbicara tentang manipulasi hasil voting.

SMA 2020: Sistem Voting Untuk BTS \'Membeku\' Dan Error, Fans Tuntut Penjelasan Penyelenggara

Twitter


Fans mulai mengambil tindakan yang menunjukkan bukti bahwa sistem voting ketikan mereka memilih BTS tidak berfungsi dan menuntut penjelasan dari SMA. Mereka bahkan memiliki bukti catatan dari penggemar yang menunjukkan bahwa voting untuk BTS tidak berfungsi dalam perangkat mereka.

Berita tentang masalah ini juga telah dirilis ke publik. Fans berharap bahwa dengan membawa cahaya ke situasi ini dapat membantu memperbaiki masalah dengan segera. Hal ini pun sampai ke telinga penyelenggara SMA. SMA telah menanggapi masalah ini dengan pengumuman dan mengungkapkan akan meninjau lebih lanjut tentang masalah tersebut. Mereka berjanji akan memberikan pengumuman jika menemukan sumber masalahnya.

SMA 2020: Sistem Voting Untuk BTS \'Membeku\' Dan Error, Fans Tuntut Penjelasan Penyelenggara

Koreaboo

Pihak penyelenggara menjabarkan bahwa pemenang untuk kategori Popularity Award ditentukan 100% hasil voting Korea, sementara kategori K-Wave Popularity Award akan dipilih dari 100% hasil voting fans luar Korea.

Untuk pemenang kategori Band, Performance Culture, Discovery of the Year, and Judge’s Special Awards akan ditentukan dari 100% hasil penilaian juri. Pemenang Main, Rookie, Ballad, R&B/Hip Hop, OST, and Dance Performance Awards akan dipilih dari 40% panel juri dan komite penyelenggara SMA, 30% penjualan album dan lagu (menurut Gaon Chart), 30% suara seluler.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru