Ini Daftar Ponsel Android dan iPhone yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 2020
Tekno

Aplikasi berbagi pesan 'sejuta umat' WhatsApp akan membatasi para penggunanya dengan tak lagi mendukung sejumlah perangkat smartphone mulai 2020 mendatang.

WowKeren - WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan untuk ponsel cerdas atau smartphone yang ramai digunakan di Indonesia. Bahkan, menurut data dari databoks.com, WhatsApp merupakan media sosial yang paling banyak digunakan nomor dua per Januari 2019.

Sayangnya, WhatsApp akan membatasi para penggunanya dengan tak lagi mendukung sejumlah perangkat smartphone mulai 2020 mendatang. WhatsApp memberikan pengumuman di situs resminya bahwa mulai tahun depan, mereka tidak lagi mendukung beberapa smartphone Android, iOS lawas, dan Windows Phone.

Pengguna Windows Phone dengan semua versi operating system alias OS-nya tidak akan lagi bisa mengakses WhatsApp mulai 31 Desember 2019. Pihak Microsoft sendiri sebelumnya telah mengimbau agar para pengguna Windows Phone beralih ke Android atau iOS lantaran mereka sudah tak mengeluarkan pembaruan keamanan lagi untuk sistem operasi tersebut.

Selain Windows Phone, pengguna iPhone dengan sistem iOS 8 atau versi lebih tua juga dipastikan tak akan bisa menggunakan aplikasi WhatsApp mulai 1 Februari 2020. Diketahui, sistem operasi iOS 8 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 silam.


Di tanggal yang sama, sistem Android Gingerbread versi 2.3.7 atau yang lebih lama juga tidak akan bisa lagi mengakses WhatsApp. Sistem operasi Android Gingerbread ini pertama kali dirilis pada tahun 2010.

Oleh sebab itu, para pengguna smartphone yang masih menggunakan ketiga sistem operasi tersebut disarankan melakukan update ke sistem terbaru. WhatsApp menyatakan bahwa pengguna 3 sistem operasi lawas tersebut tidak akan bisa membuat akun baru maupun memverifikasi ulang akun.

Lebih lanjut, WhatsApp menjelaskan alasan mereka berhenti mendukung sejumlah sistem operasi tersebut adalah untuk berfokus pada pengembangan fitur-fitur terbaru yang dapat diaplikasikan di sistem operasi yang kini banyak dipakai. WhatsApp menilai peluncuran fitur dan pembaruan ke perangkat lama akan menghambat perkembangan aplikasi mereka.

Itu sebabnya WhatsApp secara aktif menghentikan dukungan untuk perangkat dan sistem operasi lawas selama bertahun-tahun. Sementara itu, pengguna WhatsApp yang ingin berpindah dari perangkat lawas cukup menginstal aplikasi berbagi pesan tersebut dan melakukan verifikasi nomor telepon di perangkat yang baru.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel