BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis, Picu Hujan Hingga Angin Kencang di Wilayah Ini
Nasional

Dampak yang diakibatkan oleh kemunculan bibit siklon tak hanya terbatas di wilayah daratan, namun juga perairan yang menyebabkan gelombang laut hingga setinggi 2.5-4 meter.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi munculnya dua bibit siklon tropis. Titik pertama "91S" ada di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur dan "92S" di Laut Arafura sebelah selatan Tual.

Akibat adanya bibit siklon ini berdampak pada terjadinya hujan lebat dan angin kencang. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo.

"Posisi kedua bibit siklon tropis ini berada dekat dengan wilayah Indonesia," kata Mulyono dilansir Antara, Senin (6/1). "Dan memberikan dampak terhadap kondisi cuaca maupun gelombang laut."

Ia kemudian menjelaskan bahwa bibit siklon tropis 91S yang ada di Samudera Hindia lebih berpotensi meningkat dibanding yang ada di laut Arafura. Adapun kemunculan bibit siklon tropis ini berdampak pada terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.


Tak hanya hujan, bibit tersebut juga berpotensi mengakibatkan terjadinya angin kencang, khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dampak yang diakibatkan oleh kemunculan bibit siklon ini tak hanya terbatas di wilayah daratan, namun juga perairan. Di wilayah perairan, dua bibit siklon ini bisa menyebabkan gelombang laut hingga setinggi 2.5-4 meter.

Beberapa wilayah perairan yang berpotensi terdampak antara lain daerah selatan Jawa Tengah hingga selatan NTB, Samudera Hindia selatan Pulau Jawa hingga selatan NTB, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu, perairan Pulau Sabu dan Pulau Rote, perairan utara NTT, Laut Flores, dan perairan Kepulauan Kai-Aru.

"Musim siklon tropis di wilayah sebelah selatan Indonesia biasanya terjadi pada bulan November-April," lanjut Mulyono. "Bersamaan dengan periode musim hujan di Indonesia sehingga keberadaan siklon tropis dapat meningkatkan intensitas curah hujan dan kecepatan angin.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru