Aktor 'Joker' Joaquin Phoenix Ditangkap Polisi, Kenapa?
Getty Images
Selebriti

Tak sendirian, Joaquin Phoenix ditangkap bersama sejumlah selebriti Hollywood lainnya yang bergabung dalam aksi protes bertajuk 'Fire Drill Friday' yang diinisiasi Jane Fonda di Washington DC.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari aktor utama "Joker", Joaquin Phoenix. Bukan lagi karena akting gemilangnya yang diganjar dengan piala Aktor Terbaik di sejumlah penghargaan, kabar kali ini justru menyebut kalau sang aktor tengah terganjal masalah dengan pihak kepolisian.

Dilansir Variety pada Senin (13/1), tak lama setelah Joaquin menerima piala Best Actor dalam ajang penghargaan Golden Globes 2020 pekan lalu, ia ditangkap polisi bersama dengan pendemo yang kritis akan perubahan iklim pada jumat (10/1).

Diketahui, aktor berusia 45 tahun tersebut bergabung dalam aksi protes bertajuk "Fire Drill Friday" yang diinisiasi Jane Fonda di Washington DC, yang turut melibatkan sejumlah bintang papan atas Hollywood seperti Martin Sheen, Maggie Gyllenhaal dan Susan Sarandon.

Menurut Kepolisian Capitol Amerika Serikat, ada sekitar 147 pengunjuk rasa ditangkap karena demonstrasi yang melanggar prosedur hukum. Saat Joaquin Phoenix menghadiri aksi protes tersebut, ia dilaporkan berdiri di samping Fonda di atas panggung untuk menyampaikan pidato singkat.


Dalam pidatonya, Joaquin mengaku merasa sedih atas kebakaran hutan yang melanda Australia. Ia mengirimkan doa kepada semua korban, namun merasa harus bertindak secara nyata juga untuk mengatasi perubahan iklim. Sebelumnya, Joaquin sendiri memang pernah menganjurkan semua orang untuk mencoba hidup vegetarian, agar tidak memperparah perubahan iklim.

"Ini adalah langkah yang sangat berani. Itu benar-benar mengirim pesan yang kuat" tuturnya. Sesuatu yang seringkali tidak dibicarakan dalam gerakan lingkungan atau dalam percakapan tentang perubahan iklim adalah bahwa industri daging dan susu adalah penyebab utama ketiga perubahan iklim."

Sejak Oktober 2019 lalu, Jane Fonda dan aktor-aktor lain, termasuk Sam Waterston, Ted Danson, Rosanna Arquette, Sally Field dan Catherine Keener, sudah pernah ditangkap karena pembangkangan sipil, ketika mereka mengadvokasi "Green New Deal".

Demo tersebut berfokus pada bank-bank besar dan investor yang membiayai eksplorasi bahan bakar fosil. Mereka menuntut tindakan Green New Deal agar segera dilakukan untuk memotong karbon emisi hingga setengahnya pada tahun 2030, mengganti dengan energi bersih yang terbarukan dan tidak ada eksplorasi atau pengeboran baru untuk bahan bakar fosil.

Setelah dibebaskan, Jane Fonda rupanya tidak kapok dan kembali berorasi di Washington dan beberapa selebritis papan atas Hollywood ikut serta dalam gerakannya.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru