Lama Dinanti, BKN Wajibkan Instansi Umumkan Jadwal dan Lokasi SKD Besok
Nasional
Seleksi CPNS 2019

Jadwal tentatif pelaksanaan seleksi CPNS 2019 terus bergulir. Yang terdekat, BKN akan mengadakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rentang Januari hingga Februari 2020.

WowKeren - Proses seleksi CPNS masih terus bergulir. Usai menyelesaikan seleksi administrasi, kini proses seleksi akan berlanjut ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Lama tak terdengar kabar soal kelanjutan seleksi tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya mengeluarkan pengumuman resmi soal itu. Dirilis pada Senin (20/1), BKN menetapkan SKD akan berlangsung di rentang 27 Januari sampai 28 Februari 2020.


"Untuk itu seluruh instansi wajib mengumumkan jadwal dan lokasi SKD mulai 21 Januari 2020 melalui masing-masing website/portal instansi," ujar BKN lewat rilis pers tersebut. BKN sendiri mengklaim telah menyampaikan imbauan tersebut pada 17 Januari 2020 lalu.

Rilis pers tersebut tak hanya membahas soal penetapan jadwal dan lokasi SKD yang maksimal disampaikan besok, BKN juga membahas perihal ketentuan pengumuman peserta. BKN mewajibkan instansi untuk mengumumkan daftar nama peserta CPNS, terutama kategori P1/TL, sebelum jadwal SKD dimulai.

"Instansi juga diminta untuk mengumumkan daftar nama peserta CPNS kategori P1/TL, baik secara online melalui website instansi dan ditempel pada papan pengumuman di setiap titik lokasi ujian sebelum jadwal SKD dimulai," kata BKN.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono, menyatakan pelamar CPNS TA 2019 mencapai 4 lebih dari 4 juta pelamar. Dengan sebanyak 3.364.867 peserta dinyatakan lulus syarat administrasi untuk mengisi 150.315 formasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo juga menyampaikan informasi senada. Menurutnya tahapan SKD CPNS akan digelar pada rentang Januari sampai Februari 2020.

Nantinya, lanjut Tjahjo, tes SKD akan meliputi tiga materi. "Materi SKD meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi," ungkap mantan Menteri Dalam Negeri itu.

Untuk soal SKD, imbuh Tjahjo, akan disusun lewat kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendikbud Nadiem Makarim mengaku soal telah disiapkan dan dirampungkan oleh panitia seleksi nasional CPNS 2019 pada Senin (13/1) pekan lalu.

You can share this post!

Related Posts