Heboh Tugu 'Palu Arit Ala PKI' di Jalan Tol, Pihak Jasa Marga Buka Suara
Nasional

Jalan Tol Ngawi-Kertosono sendiri diketahui dikelola oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

WowKeren - Sebuah tugu berwarna putih yang terletak di Simpang Susun Gerbang Tol Madiun kini viral di media sosial. Pasalnya, bentuk tugu itu disebut-sebut menyerupai simbol palu dan arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Foto tugu tersebut pun banyak dibagikan oleh warganet. Akun Twitter @DanielSentanu misalnya, menyebut bahwa tugu tersebut menunjukkan adanya kebangkitan PKI.

"Semua sibuk fokus ke virus corona, hoax dan lupa dgn yg sudah terjadi di Indonesia. Itu tugu/monumen atau apalah namanya sudah berdiri megah di sepanjang tol solo - kertosono tepatnya ruas caruban - mojokerto," cuit akun tersebut. "Kebangkitan PKI sudah mulai nyata. coba perhatikan simbol PALU ARIT itu."

Tugu

Twitter

Menanggapi viralnya isu tersebut, pihak Jasa Marga pun buka suara. Jalan Tol Ngawi-Kertosono sendiri diketahui dikelola oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.


PT JNK pun membantah tugu tersebut berkaitan dengan PKI. Disebutkan bahwa tugu tersebut menggambarkan logo perusahaan dan juga diharapkan bisa menjadi penanda bagi pemakai jalan yang belum mengetahui akses Gerbang Tol Madiun.

Menurut Direktur Utama PT JNK Dwi Winarsa, perusahaannya telah berganti nama dari yang sebelumnya PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) sejak 9 Mei 2018 lalu. Oleh sebab itu, tugu berwarna putih tersebut dibangun sebagai branding baru perusahaan.

"Dilihat dari sisi sudut tertentu Tugu Iconic membentuk huruf J-N-K. Tugu menjulang vertikal jika dilihat dari arah barat ke timur membentuk huruf 'J'," jelas Dwi dilansir detikcom pada Senin (10/2). "Lengkung jalan tol yang melingkar jika dilihat dari atas akan membentuk huruf 'N'. Serta yang terakhir, secara keseluruhan jika dilihat dari arah SS Madiun ke arah timur akan membentuk huruf 'K'."

Sementara itu, Dwi menuturkan bahwa tugu tersebut diletakkan di Gerbang Tol Madiun karena lokasi tersebut merupakan akses strategis keluar masuk kendaraan. Selain tugu itu, Gedung Kantor Pusat PT JNK juga akan dibangun di pintu tol tersebut. "Selain itu, kami mencatat di GT Madiun memiliki volume lalu lintas tertinggi dibandingkan dengan GT lainnya seperti Caruban maupun Nganjuk," imbuh Dwi.

Meski telah membuat heboh media sosial, pembangunan tugu ini rupanya masih belum selesai. Tugu yang saat ini sudah berdiri merupakan tahap pertama dan akan segera diselesaikan.

"Pembangunan Tugu Iconic akan dilengkapi dengan penambahan huruf JNK tinggi sekitar 1.5 meter dari bahan acrylic dengan pencahayaan tinggi," pungkas Dwi. "Huruf JNK tersebut ditempatkan sebelah kanan tugu dan pelaksanaannya akan dikerjakan pada tahun ini."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru