Berkonsep Alun-Alun Laut, Ridwan Kamil Siapkan Rp 15 M untuk Revitalisasi Pelabuhanratu
Nasional

Adapun proyek tersebut merupakan kolaborasi dari Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jabar. Pemkab akan menyediakan lahan sedangkan Pemprov menyediakan anggarannya.

WowKeren - Sejumlah titik di kawasan pesisir pantai Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, akan dipercantik. Untuk revitalisasi ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 15 miliar.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan bahwa gubernur akan memilih kawasan Gado Bangkong untuk proyek revitalisasi tersebut. "Alhamdulillah, usulan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terhadap penataan kawasan pesisir terutama kawasan Gado Bangkong Pelabuhanratu Mendapat respons positif bapak gubernur. Mudah mudahan segera terealisasi," kata Marwan dilansir detikcom, Kamis (13/2).

Rencana proyek itu telah disampaikan olehnya kepada gubernur saat berkunjung ke Pelabuhanratu pada Agustus 2019 silam. Kala itu, ia mengajukan penataan kawasan Pantai Gado Bangkong berikut pengembangan pariwisata.

"Saat itu saya sampaikan soal penataan kawasan Pantai Gado Bangkong termasuk potensi pengembangan untuk penunjangan pariwisata," jelas Marwan. "Saat itu pak gubernur meminta data dan kajian serta konsep penataan kawasan Gado Bangkong untuk dijadikan destinasi wisata baru."


Nantinya, Gado Bangkong akan dijadikan sebagai destinasi wisata. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan konsep alun-alun laut. Sehingga di situ nantinya pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner.

"Termasuk ada tempat untuk melihat sunset konsepnya alun-alun bertemakan laut," lanjut Marwan. "Saat itu kami melihat peluang dan respons positif pak gubernur makanya secepatnya diusulkan perencanaannya untuk didorong pengembangan dan penataan kawasan."

Untuk masalah lahan, Marwan mengatakan bahwa hal itu akan menjadi tanggung jawab Pemerintah kabupaten untuk menyediakannya. Sedangkan pihak Pemprov berperan untuk menyediakan anggaran pembangunan. "Pemkab menyediakan lahan yang saat ini sudah dibebaskan sementara dari propinsi menyiapkan anggaran pembangunan dan penataannya," tutur Marwan.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa ada sekitar 30 titik wisata di Jawa Barat yang akan mendapat sentuhan pembangunan. "Satu dari 30 itu merevitalisasi pantai di Pelabuhanratu sesuai aspirasi," kata pria yang akrab disapa Kang Emil, Rabu (12/2).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru