Jalur SNMPTN 2020 Resmi Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya
Nasional

Jalur pendaftaran SNMPTN 2020 bagi para calon mahasiswa baru resmi dibuka pada hari ini (14/2), mulai pukul 14.00 WIB. Berikut tata cara pendaftaran yang selengkapnya.

WowKeren - Salah satu jalur yang bisa ditempuh para calon mahasiswa baru untuk mendapatkan kursi di perguruan tinggi adalah lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini SNMPTN pun kembali digelar dan resmi dibuka pada Jumat (14/2).

Tata cara pendaftarannya pun tidak sulit, yang terpenting tetap teliti dan cermat selama mengisi setiap kolom yang ada. Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Sebelumnya, seperti diketahui, calon mahasiswa baru harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu di situs Lembaga tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lewat situs ini, peserta dari berbagai jalur seleksi diwajibkan membuat akun dengan sistem single sign on demi mengintegrasikan seluruh data yang ada.

"Untuk siswa harus melakukan login akun LTMPT," jelas Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, pada 1 Desember 2019 lalu. "Dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, dan tanggal lahir."

Kemudian pengumuman hasil pemeringkatan pun telah dirilis pada rentang 20 Januari sampai 10 Februari 2020 kemarin. Di pengumuman tersebut tercantum nama-nama calon peserta yang diperbolehkan mendaftar lewat jalur SNMPTN 2020, yang resmi dibuka hari ini pukul 14.00 WIB.


Daftar tersebut bisa diakses melalui laman https://rank.pdss.snmptn.ac.id. Bila calon peserta dinyatakan memenuhi kriteria, maka bisa masuk ke tahap pendaftaran berikutnya, yakni seperti berikut.

Pertama, calon peserta harus login ke laman Portal LTMPT menggunakan email dan password. Masuk section pendaftaran, calon peserta diwajibkan mengisi kolom yang ada.

Kolom tersebut meliputi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi. Bila diperlukan, calon peserta juga harus mengunggah dokumen prestasi tambahan. Selain itu, siswa pendaftar juga harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku di PTN pilihan.

Usai mengisi kolom-kolom tersebut, beberapa program studi mewajibkan calon peserta SNMPTN untuk melengkapi pendaftarannya dengan portofolio serta dokumen bukti keterampilan. Biasanya program studi di bidang seni dan olahraga lah yang mewajibkan berkas ini.

Pastikan pula dokumen bukti keterampilan dan portofolio itu telah disahkan oleh kepala sekolah masing-masing. Untuk penjelasan lengkapnya, bisa diakses di pedoman yang diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.

Bila semua kolom pendaftaran telah dipenuhi, siswa pendaftar bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran. Untuk link pendaftaran jalur SNMPTN 2020, kamu bisa mengaksesnya di https://portal.ltmpt.ac.id.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait