Jokowi Disindir Boros Soal Sewa Pesawat, Istana: Aman Dari Corona
Instagram
Nasional

Presiden Joko Widodo disindir telah melakukan pemborosan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) soal menyewa pesawat, begini klarifikasi dari pihak istana.

WowKeren - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan sindiran terhadap Presiden Joko Widodo yang menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). PKS mengatakan jika kebijakan Jokowi menyewa pesawat Garuda sebagai bentuk pemborosan.

Selain itu, PKS juga turut meminta Pemerintah Indonesia transparan mengenai penyewaan pesawat Garuda tersebut. "Tentu terkesan pemborosan. Semua mesti transparan, berapa penghematan bisa dihasilkan. Karena logikanya pesawat sendiri tidak harus bayar mestinya lebih murah," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (28/2).

Pihak Istana lantas menanggapi sindiran dari PKS tersebut. Menurut pihak Istana, rencana Jokowi menyewa pesawat Garuda untuk melakukan kunjungan kerja justru harus diapresiasi. Pasalnya, hal tersebut tidak menyebabkan pemborosan melainkan lebih menghemat anggaran negara.


"Bahwa dengan menyewa, apa lagi ini untuk perjalanan yang cukup makan waktu, ke Amerika kan bukan kayak ke negara Asia," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian Komunikasi Politik, Donny Gahral seperti dilansir Detik, Sabtu (29/2). "Dengan menyewa biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah."

Donny menjelaskan jika memakai pesawat Garuda justru akan membuat perjalanan yang ditempuh Jokowi akan semakin cepat dibandingkan menggunakan pesawat kepresidenan. Selain itu, pesawat berjenis Boeing 777-300 ER yang akan disewa Jokowi tersebut juga memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak.

"Gitu justru lebih murah karena tadi karena satu kali transit kemudian bisa muat banyak jadi hitungan jadi lebih murah ketimbang harus pakai pesawat Kepresidenan," jelas Donny. "Tapi pesawat Kepresidenan buka berarti tidak dipakai, tetap dipakai untuk perjalanan domestik atau perjalanan yang di bawah 7 jam."

Sementara dari segi keamanan, Donny menjelaskan jika pesawat sewaan tersebut dapat membuat rombongan kunker Jokowi bisa transit ke negara-negara yang aman dari virus corona. "Satu lagi dengan menggunakan 77 300 ER itu bisa transit yang bebas dan aman dari coronavirus. Artinya pesawat itu bisa transit di Eropa, kalau 7 jam harus transit di Tokyo. Jadi secara keuangan lebih murah, secara keamanan dari coronavirus lebih aman," pungkasnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait