Dunia Internasional Ragu Indonesia Benar-Benar Bebas Virus Corona, Pemerintah Diminta Beri Respons
Nasional

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan (UPH), Alexius Jemadu, pun memberikan pandangannya terkait keraguan dunia internasional terhadap Indonesia ini.

WowKeren - Indonesia hingga kini masih dinyatakan nihil dari kasus virus Corona (COVID-19). Meski demikian, dunia internasional rupanya meragukan Indonesia terkait penanganan virus Corona.

Melansir The Sydney Herald, negara-negara tetangga yang memiliki populasi lebih kecil dari Indonesia seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Australia setidaknya telah melakukan 10 kali lebih banyak tes virus Corona. Perdana Menteri Australia Scott Morisson bahkan menyatakan bahwa klaim nihil kasus di Tanah Air merupakan akibat dari ketidakmampuan Indonesia dalam menguji virus Corona.

"Ini adalah negara yang sangat besar dengan banyak pulau dan akan sangat sulit untuk memberikan jaminan absolut tentang angka-angka itu," tutur Morisson kepada stasiun radio 3AW dilansir The Sydney Herald. "Saya tidak bermaksud bahwa (tidak sopan), Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia dan kami berdua memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan tersebut."

Terkait keraguan dunia internasional terhadap Indonesia ini, Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan, Alexius Jemadu, pun memberikan pandangannya. Alexius meminta agar pemerintah menjawab kecurigaan dunia ternasional tersebut.


"Kita harus responsif, jangan sampai kita hanya menjawab pertanyaan orang, tapi betul-betul harus mendahului," tutur Alexius dalam forum diskusi di Jakarta Pusat pada Minggu (1/3). "Karena ini taruhannya citra Anda di dunia internasional."

Ia juga meminta agar pejabat di pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk tak hanya melontarkan pernyataan terkait belum adanya kasus virus Corona di Indonesia saja. Namun, klaim tersebut juga harus didasarkan pada data dan penuh rasionalitas.

Pasalnya, dunia internasional dinilai sangat menuntut untuk mendapat informasi dengan apa yang terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu, hal tersebut harus bisa dijawab pemerintah Indonesia dengan konsistensi.

"Jangan lupa visualisasi apa yang terjadi di lapangan karena dia (Indonesia) ngomongin saja tanpa ditampilkan gambarnya," pungkas Alexius. "Dunia internasional mungkin agak ragu, karena ini bahaya yang mengancam."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru