Saran Mendagri Tito Karnavian Untuk Hadapi Wabah Corona: Berjemur Matahari Pagi
Nasional

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meyakini bahwa virus Corona tak mudah berkembang di Indonesia karena merupakan letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat suhu di Tanah Air relatif hangat.

WowKeren - Wabah virus Corona (Covid-19) kini telah memasuki Indonesia. Pemerintah pun telah mengeluarkan sejumlah imbauan bagi masyarakat untuk menghindari penularan virus mematikan tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga turut memberikan sarannya terkait pencegahan penularan virus Corona. Salah satu upaya yang dianjurkan oleh Tito adalah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Menurut Tito, sinar matahari pagi mengandung banyak manfaat yang berguna untuk melawan virus Corona.

"Kita beruntung punya negara yang banyak sinar matahari sebagai negara tropis, sering-sering untuk berjemur, terutama di matahari pagi," jelas Tito dalam keterangan resminya pada Selasa (3/3). "Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain."

Selain itu, Tito juga meyakini bahwa virus Corona tak mudah berkembang di Indonesia karena merupakan daerah yang memiliki suhu panas. Mantan Kapolri tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia memiliki keuntungan karena letaknya di garis khatulistiwa membuat suhu di Tanah Air relatif hangat.


"Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas dia tidak bisa berkembang," ujar Tito. "Nah, keuntungan kita negara yang tropis seperti itu."

Lebih lanjut, Tito juga meminta agar masyarakat memperkuat sistem imunitas tubuh dengan berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. Ia juga meminta agar masyarakat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah, serta vitamin.

Tak hanya itu, Tito turut menganjurkan masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun. "Metode penyebarannya ini terutama sentuhan langsung dengan penderitanya, rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan disinfektan," tutur Tito.

Yang paling penting, Tito meminta masyarakat untuk tak panik dalam menghadapi wabah Corona. Pemerintah sendiri disebut Tito tengah berupaya melakukan langkah preventif agar virus Corona tak menyebar meluas di Indonesia.

"Saya kira tidak perlu panik ya, karena kita tahu Pemerintah telah berupaya dengan segala kemampuan yang ada," pungkas Tito. "Kita tahu koordinasi di tingkat Nasional sudah dilakukan oleh Kemenlu, kemudian koordinasi jaringan kesehatan oleh Kemenkes sudah dilakukan, rekan-rekan kepala daerah juga telah banyak melakukan langkah-langkah untuk preventif."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait