Harvey Weinstein Dijatuhi Hukuman 23 Tahun Penjara Atas Kasus Pelecehan Seksual
Getty Images
Selebriti

Kasus yang membelit nama Weinstein ini bermula ketika sejumlah korban menceritakan pengalamannya pada Oktober 2017. Diketahui, ada lebih dari 90 wanita yang mengaku pernah dilecehkan oleh Weinstein.

WowKeren - Harvey Weinsten akhirnya secara resmi dijatuhi hukuman 23 tahun penjara oleh Pengadilan New York atas tindak pelecehan seksual yang dilakukannya. Dilansir CNNIndonesia pada Kamis (12/3), Weinstein dinyatakan bersalah atas tindakan seksual kriminal pada tingkat pertama dan pemerkosaan pada tingkat ketiga pada pengadilan 24 Februari lalu.

Hakim James Burke yang memimpin persidangan ini dilaporkan mengabaikan permintaan tim pengacara Harvey Weinstein untuk memberi klien mereka hukuman minimum lima tahun di balik jeruji besi. Disebutkan pula bahwa jaksa penuntut meminta hakim Burke untuk mempertimbangkan daftar 36 tindakan buruk Weinstein, meliputi dugaan penyerangan seksual terhadap para wanita selama empat dekade.

Tuduhan pertama dibuat oleh seorang wanita yang mengatakan sang produser memerkosanya dalam sebuah perjalanan bisnis pada tahun 1978. Namun tim pengacara Weinstein berpendapat bahwa surat-surat tersebut tak bisa dibuktikan dan tidak dapat dipakai untuk menentukan hukuman.

Tim pengacara taipan Hollywood tersebut juga menekankan bahwa Weinstein telah dibebaskan dari tuduhan paling serius, yakni tuduhan pemerkosaan tingkat satu karena diduga melibatkan kekerasan, dan dua tuduhan serangan seksual.


Pihak pengacara Weinstein meminta hukuman penjara lima tahun. Mereka juga menyinggung soal umur Harvey Weinstein yang telah menginjak 63 tahun sebagai pertimbangan, di mana harapan hidup untuknya diprediksi di atas kertas hanya selama 12 tahun ke depan. Bahkan pengacara Weinstein menyebut bahwa jangka waktu yang lebih lama dari lima tahun merupakan "hukuman seumur hidup".

Terlepas dari vonis ini, kasus panjang yang membelit nama Harvey Weinstein tersebut bermula ketika sejumlah korban menceritakan pengalamannya pada The New York Times dan The New Yorker pada Oktober 2017. Diketahui, ada lebih dari 90 wanita yang mengaku pernah diperlakukan tak senonoh oleh Weinstein.

Bahkan beberapa di antaranya adalah deretan aktris populer. Sebut saja Angelina Jolie yang mengaku pernah diminta untuk melakukan hal yang tak menyenangkan oleh Harvey di sebuah kamar hotel ketika film "Playing By Heart" dirilis. Atas peristiwa tersebut, mantan istri Brad Pitt itu tidak pernah lagi bekerja sama dengan sang produser.

Kemudian ada pula aktris Ashley Judd yang pernah "dijebak" Weinstein dengan kedok rapat film, lalu Rosanna Arquette, Mira Sorvino, hingga Gwyneth Paltrow yang mengaku pernah mendapatkan tindakan kurang menyenangkan dari Weinstein saat ia masih berusia 22 tahun dan baru terjun ke industri film.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru